ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR REFLEKTIF DAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI TIPE GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK SMK 2 MEI BANDAR LAMPUNG PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI

Ainun, Sholihah (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERFIKIR REFLEKTIF DAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI TIPE GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK SMK 2 MEI BANDAR LAMPUNG PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI AINUN SHOLIHAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berpikir reflektif dan berpikir kritis matematis peserta didik kelas XI yang masih kurang, perlu ditinjau lebih lanjut berdasarkan gaya belajar peserta didik. Agar diperoleh deskripsi kemampuan berpikir reflektif dan berpikir kritis matematis yang baik maka dilakukan pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi mengenai kemampuan berpikir reflektif dan berpikir kritis matematis peserta didik kelas XI berdasarkan tipe gaya belajar yang dimiliki peserta didik yaitu tipe gaya belajar converger, diverger, accomodator dan assimilator. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TKRO1 dan XI TBSM SMK 2 Mei Bandarlampung. Pengumpulan data dilakukan melalui angket gaya belajar, tes kemampuan berpikir dan pedoman wawancara. Seluruh subjek diidentifikasi gaya belajarnya menggunakan angket belajar Kolb. Untuk menguji keabsahan data kemampuan berpikir dan wawancara dilakukan triangulasi metode. 8 peserta didik yang terdiri 2 peserta didik pada setiap tipe gaya belajar dipilih untuk dilakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pada kemampuan berpikir reflektif dan kritis matematis, peserta didik dengan tipe gaya belajar converger, diverger, accomodator dan assimilator mampu memecahkan masalah dengan melalui tahap memahami masalah yang diberikan pada soal dengan mengetahui apa yang diketahui dan yang ditanyakan dalam soal serta menjelaskan masalah baik dengan bahasanya sendiri maupun mengikuti soal. Peserta didik mampu menyelesaikan soal dengan melalui tahap menentukan suatu konsep matematika, mencari sub tujuan, menyederhanakan masalah, serta mengurutkan informasi. Peserta didik mampu memecahkan masalah pada soal dengan melalui tahap memahami soal, melaksanakan rencana dan melaksanakan suatu konsep selama proses perhitungan berlangsung, sampai tahap evaluasi atau memeriksa kembali jawaban. Kata Kunci: Berpikir Reflektif, Berpikir Kritis Matematis, Gaya Belajar Kolb

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jan 2022 02:03
Last Modified: 19 Jan 2022 02:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17191

Actions (login required)

View Item View Item