ANALISIS DAMPAK DISTRIBUSI PUPUK BERSUBSIDI TERHADAP PRODUKSI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI DI KECAMATAN GISTING KABUPATEN TANGGAMUS)

MUHAMMAD, AZIZ (2022) ANALISIS DAMPAK DISTRIBUSI PUPUK BERSUBSIDI TERHADAP PRODUKSI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI DI KECAMATAN GISTING KABUPATEN TANGGAMUS). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS DAMPAK DISTRIBUSI PUPUK BERSUBSIDI TERHADAP PRODUKSI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI DI KECAMATAN GISTING KABUPATEN TANGGAMUS) (Studi Kasus Dikelompok Tani Pekon Kuta Dalom Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus) OLEH MUHAMMAD AZIZ Regulasi pupuk bersubsidi telah diterapkan cukup komprehensif, namun faktanya ketersediaan pupuk bersubsidi tidak mencukupi atau tidak memadai. Jumlah permintaan pupuk cenderung kurang akurat dan pengawasan belum optimal. Relitas tersebut menyebabkan ketidakseimbangan dan rawan penyimpangan kelangkaan akan berdampak pada kenaikan harga pupuk bersubsidi selanjutnya berdampak pada masa pemumupukkan menjadi terlambat dan hal tersebut akan menurunkan tingkat produktifitas pertanian. Tujuan penelitian ini untuk yaitu : 1) Mengetahui konsep dasar kementerian pendistribusian pupuk bersubsidi pada kementerian pertanian 2) Mengetahui Pendistribusian Pupuk Bersubsidi Dikecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus 3) Mengetahui Pandangan Islam Terhadap Praktik Jual Beli Pupuk Beli Bersubsidi Di Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pendistribusian pupuk bersubsidi Kabupaten Tanggamus masih terdapat kendala-kendala yang menyebabkan tidak tercapainya prinsip 6 tepat terutama tidak tercapainya tepat jumlah, tepat harga dan tepat waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1), Pola distribusi pupuk bersubsidi Dari Pemerintah Kabupaten dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu: (a) Sosialisasi penyaluran pupuk dengan beberapa pihak yang terlibat; (b) Penyusunan RDKK; (c) Pendistribusian pupuk bersubsidi berdasarkan RDKK; (d) Pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Perdagangan, Dinas Pertanian, Distributor, dan masyarakat. Permasalahan kelangkaan Pupuk Bersubsidi : (a) Menyalurkan pupuk bersubsidi kepada petani dengan lahan di atas dua hektar ; (b) Penjualan Pupuk Bersubsidi tidak sesuai anjuran atau ketetapan pemerintah tengtang HET; dan (c) Penggunaan berlebihan pada lahan pertanian, petani tidak mengikuti aturan pemakaian pupuk berimbang oleh pemerintah. Kedua, Dalam pandangan ekonomi Islam, sistem distribusi pupuk bersubsidi di Pekon Kuta Dalom Kec, Gisting Kab, Tanggamus tidak sesuai prinsip-prinsip distibusi dalam ekonomi Islam. Kata Kunci : Distribusi, Pupuk Bersubsidi, Produktivitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jan 2022 06:26
Last Modified: 18 Jan 2022 06:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17187

Actions (login required)

View Item View Item