PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATIVE, TRANSFERING (REACT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

AMELIA, DWI ASTUTI (2022) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATIVE, TRANSFERING (REACT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1-2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis peserta didik. Penelitian ini mengkaji tentang adakah pengaruh kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis dan perbedaan antara peserta didik yang menerapkan Strategi Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering (REACT) dengan peserta didik yang menerapkan pembelajaran ekspositori, serta hubungan kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis peserta didik. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Ma’arif NU 5 Sekampung yang terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen menggunakan pembelajaran ekspositori dan kelas VIII C menggunakan strategi pembelajaran REACT. Teknik pengambilan sampel menggunakan acak kelas. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis. Uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogrov-Smirnov dan uji homogenitas dengan uji Box’s dan uji Levianate. Pengujian hipotesis menggunakan Multivariate Analysis of Variance atau MANOVA. Dari hasil analisis uji hipotesis diperoleh nilai P-value = 0,000 < 0,05 sehingga H0A ditolak, nilai P-value = 0,000 < 0,05 sehingga H0B ditolak, nilai P-value = 0,000 < 0,05 sehingga H0AB ditolak. Berdasarkan kajian teori dan perhitungan analisis dapat disimpulkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh strategi pembelajaran REACT terhadap kemampuan berpikir kreatif dan komunikasi matematis; (2) Terdapat pengaruh strategi pembelajaran REACT terhadap kemampuan berpikir kreatif; (3) Terdapat pengaruh strategi pembelajaran REACT terhadap kemampuan komunikasi matematis. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran REACT, Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jan 2022 04:11
Last Modified: 18 Jan 2022 04:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17181

Actions (login required)

View Item View Item