PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEREDUKSI PERILAKU MENYONTEK PADA PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG

MURNIATI, Edi Jonison (2022) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEREDUKSI PERILAKU MENYONTEK PADA PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mereduksi Perilaku Menyontek Pada Peserta Didik di SMK Negeri 7 Bandar Lampung Oleh : Murniati Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenai perilaku menyontek pada peserta didik. menyontek merupakan perilaku yang melanggar aturan dalam pendidikan karena menggunakan cara-cara yang tidak jujur dalam mencapai nilai akademik. Dalam upaya mereduksi perilaku menyontek pada peserta didik diperlukan peran dari guru bimbingan dan konseling. Bentuk-bentuk dari perilaku menyontek yang terjadi di SMK Negeri 7 Bandar Lampung antara lain adalah peserta didik melihat jawaban di internet, peserta didik melihat jawaban teman, peserta didik membuat catatan kecil dan melihat jawaban di buku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru bimbingan dan konseling dalam mereduksi perilaku menyontek pada peserta didik di SMK Negeri 7 Bandar Lampung. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, serta peserta didik SMK Negeri 7 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil bahwa guru bimbingan dan konseling di SMK Negeri 7 Bandar Lampung melaksanakan perannya dalam mereduksi perilaku menyontek adalah dengan cara memberikan layanan bimbingan dan konseling berupa bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, bimbingan individu, dan konseling individu yang didalamnya terdapat materi informasi yang berkaitan dengan mereduksi perilaku menyontek serta melatih peserta didk untuk mengurangi kebiasaan menyontek. Kata Kunci : Menyontek, Peran Guru BK. iii ABSTRACT The Role of Guidance and Counseling Teachers in Reducing the Cheating Behavior to Student of SMKN 7 Bandar Lampung School Students By Murniati The problem in this study is the cheating behavior of students. Cheating is dishonest behavior in education because it uses dishonest ways to achieve academic grades. In attempting to reduce the cheating behavior of students requres a role from guidace and counseling teachers. The forms of cheating behavior that occur at SMK N 7 Bandar Lampung include students seeing answers on the internet, students seeing friends answers, student making small notes and seeing answers in the books. The study aims to find out the role of gudance and counseling teachers in reducing the cheating behaviors to students of SMK N 7 Bandar Lampung. The subject of this study is guidance and counseling teachers, curriculum school principal and students of SMK N 7 Bandar Lampung. This type of research is qualitative, the techniques used in data collections of interviews, documentation and observations. Studies have concluded that guidance and counseling teachers in SMK N 7 Bandar Lampung perform their role ini reducing the cheating behavior is that they provide guidance and counseling services that provide rating guidance, group guidance, individual guidance, and individual counseling that countain information relating to reducing cheating behavior and training learners to reduce cheating behavior. Keyword : Cheating, The role of guidance and counseling teacher.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jan 2022 04:00
Last Modified: 18 Jan 2022 04:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17178

Actions (login required)

View Item View Item