ADAB PESERTA DIDIK DALAM MENUNTUT ILMU QUR’AN PERSPEKTIF IMAM NAWAWI AD-DIMASYQ DALAM KITAB AT-TIBYAN FI ADABI HAMALAH AL-QUR’AN DAN IMPLEMENTASINYA PADA ERA MODERN

KURFATI, AMINUN (2022) ADAB PESERTA DIDIK DALAM MENUNTUT ILMU QUR’AN PERSPEKTIF IMAM NAWAWI AD-DIMASYQ DALAM KITAB AT-TIBYAN FI ADABI HAMALAH AL-QUR’AN DAN IMPLEMENTASINYA PADA ERA MODERN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of KURFATI AMINUN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Adab Peserta didik dalam menuntut ilmu Qur‟an merupakan suatu hal yang sangat penting untuk dibahas. Sebab, zaman modren ini masih banyak peserta didik yang belum mengetahui tentang adab dalam menuntut ilmu Qur‟an, seperti adanya beberapa kasus yang terjadi yaitu peserta didik lebih memilih tidur disaat Guru sedang menjelaskan suatu ilmu, bahkan ada pula peserta didik yang berbisik-bisik saat Gurunya sedang memberikan pengajaran. Hal itu terjadi dikarenakan kurangnya pemahaman akan pentingnya adab dalam menuntut ilmu Qur‟an. Salah satu ulama yang membahas mengenai adab dalam menuntut ilmu Qur‟an adalah Imam Nawawi Ad-Dimasyq. Penjelasan tersebut ditulis dalam kitabnya At-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Qur‟an. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Adab Peserta Didik dalam Menuntut Ilmu Qur‟an Perspektif Imam Nawawi Ad-Dimasyq dalam Kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Qur‟an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library Research) dan bersifat deskriptif analisis yang bersumber dari data primer kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Qur‟an. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dengan teknik analisis data berupa metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Qur‟an merupakan kitab yang dapat dijadikan sebagai pedoman dan rujukan dalam pembentukan adab peserta didik dalam menuntut Ilmu Qur‟an, sebab kitab ini membahas secara ringkas dan jelas bagaimana adab yang harus dimiliki peserta didik dalam menuntut ilmu Qur‟an yang tentunya merujuk kepada dalil-dalil Al-Qur‟an dan Al-Hadist. Adab-adabnya yaitu peserta didik harus memiliki niat yang tulus dengan menyucikan hati dari segala kotoran, berguru kepada Guru yang berkompeten, berpenampilan sopan, berbuat baik terhadap penuntut ilmu yang lain, belajar saat hati Guru tenang, gigih atau bersemangat tinggi, belajar di waktu pagi, konsisten dalam mengulang hafalan dan tidak mendahulukan orang lain ketika tiba gilirannya. Dan implementasinya pada era modern ini ii telah banyak yang sesuai dengan adab-adab yang disebutkan oleh Imam NawawiAd-Dimasyq. Contohnya pesantren dan lembaga pendidikan di Indonseia yang lebih selektif dalam memilih Guru agar dapat menciptakan peserta didik yang berkualitas baik dalam hal dunia maupun akhirat, serta melakukan proses pembelajaran di waktu pagi untuk memudahkan peserta didik dalam berkonsentrasi. Kata Kunci: Adab Peserta Didik dalam Menuntut Ilmu, At-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Qur’an, Era Modern.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jan 2022 03:58
Last Modified: 18 Jan 2022 03:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17177

Actions (login required)

View Item View Item