TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG GANTI RUGI AKIBAT KERUSAKAN DALAM SEWA MENYEWA BACKDROP (Studi Kasus pada Backdrop Ayu Desa Hanura Kabupaten Pesawaran)

YASIR, A. RAPAT (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG GANTI RUGI AKIBAT KERUSAKAN DALAM SEWA MENYEWA BACKDROP (Studi Kasus pada Backdrop Ayu Desa Hanura Kabupaten Pesawaran). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Bentuk sewa-menyewa maupun dalam bentuk upah mengupah merupakan muamalah yang telah disyariatkan dalam Islam. Perlu diketahui bahwa tujuan disyariatkan sewa-menyewa (al-ijarah) itu adalah untuk memberi keringanan kepada umat dalam pergaulan hidup. Usaha penyewaan backrop merupakan bagian dari usaha yang bergerak dibidang sewa-menyewa barang. Setelah beberapa tahun usaha penyewaan backdrop pada beberapa tempat di Pesawaran telah mengalami banyak perkembangan dan penambahan alat-alat untuk melayani kebutuhan masyarakat. Dalam hal sewa menyewa suatu barang pastilah ada resiko kerusakan yang dapat terjadi, namun pada kasus kali ini mengenai sistem ganti rugi tidak dijelaskan ketika saat pembuatan akad berlangsung yang mana sewaktu-waktu bisa saja terjadi kerusakan atau kehilangan. Dalam pembayaran ganti rugi dalam Backdrop Ayu tidak menetapakan waktu pembayaran ganti rugi tersebut.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem ganti rugi akibat kerusakan dalam sewa menyewa backdrop yang ada pada Backdrop Ayu Desa Hanura Kabupaten Pesawaran? dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap ganti rugi akibat kerusakan dalam sewa menyewa backdrop yang ada pada Backdrop Ayu Desa Hanura Kabupaten Pesawaran? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem ganti rugi akibat kerusakan dalam sewa menyewa backdrop yang ada pada Backdrop Ayu Desa Hanura Kabupaten Pesawaran dan untuk mengetahui tinjauan hukum islam terhadap ganti rugi akibat kerusakan dalam sewa menyewa backdrop yang ada pada Backdrop Ayu Desa Hanura Kabupaten Pesawaran. Kemudian untuk jenis penelitian ini adalah termasuk ke dalam penelitian lapangan (field research).Sifat penelitian ini adalah bersifat deskriftif normatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi kepada para responden, yaitu pemilik dan penyewa backdrop Ayu. Berdasarkan hasil penelitian bahwa sistem ganti rugi akibat kerusakan dalam sewa menyewa backdrop pada Backdrop Ayu terjadi karena terdapat barang-barang backdrop yang mengalami kerusakan setelah iii pengembalian barang oleh penyewa kepada pemilik usaha Backdrop Ayu dapat dibayar kapan saja tetapi tetap saja pemilik Backdrop memberikan jangka waktu sekitar 2 bulan kepada penyewa, untuk menghindari penyewa yang tidak bertanggung jawab, sedangkan tinjauan hukum Islam tentang ganti rugi akibat kerusakan dalam sewa menyewa backdrop pada Backdrop Ayu belum sesuai dengan syariah Islam terkait dengan ujrah (uang sewa) atau dalam hal ini uang ganti rugi yang harus dibayar ketika terdapat barang yang mengalami kerusakan tidak dijelaskan dalam akad awal. Kata Kunci : Sewa menyewa, Ganti rugi, Backdrop

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jan 2022 03:53
Last Modified: 18 Jan 2022 03:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17176

Actions (login required)

View Item View Item