KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM BUKU RASULULLAH SANGGURU KARYA ABDUL FATTAH ABU GHUDDAH DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER

ROSADI, Sarifudin (2022) KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM BUKU RASULULLAH SANGGURU KARYA ABDUL FATTAH ABU GHUDDAH DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi ROSADI (171101286) .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Di era pendidikan kontemporer iniguru Pendidikan Agama Islam dihadapkan dengan berbagai tantangan dalam proses pembelajaran, salah satu faktor tercapainya tujuan pembelajaran adalah guru yang memiliki kompetensi dalam bidangnya.Beberapa kendala yang dihadapi guru baik faktor internal juga eksternal seperti kurangnya penguasaan teknologi sebagai faktor penting dalam terselenggaranya proses pembelajaran, kemampuan guru dalam mengelola kelas, pengemasan materi dan penggunaan media, serta hubungan komunikasi dalam pembelajaran. Hal tersebut menjadikan pembelajaran berjalan kurang efektif. Pentingnya peran guru dalam terlaksananya proses pembelajaran ini menjadi salah satu upaya dalam menyikapi krisis pendidikan. Dengan berkaca dalam khasanah Islam tidak bisa kita pungkiri bahwa kita memiliki guru terbaik yang dapat kita jadikan refrensi dalam menyikapi kondisi saat ini yakni Nabi Muhammad SAW karena Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah suri teladan yang baik. Tujuan penelitian ini yakni untuk (1) Mengetahui nilai-nilai kompetensiguru Pendidikan Aagam Islam dalam buku Rasulullah Sang Guru karya Abdul Fattah Abu Ghuddah. (2) Mengetahui relevansi nilai-nilai kompetensi Guru dalam buku Rasulullah Sang Guru Karya Abdul Fattah Abu Ghuddah terhadap Pendidikan Islam kontemporer. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka (library research). Sifat penelitian adalah deskriptif analitik dan metode analisnya adalah analisis isi.Sumber primer yang diperoleh langsung dari objek penelitian ini, yaitu: buku Rasulullah Sang Guru yang diterbitkan oleh Pustaka Arafah, Solo tahun 2019. Sedangkan sumber-sumber pendukungnya adalah berupa karya-karya para pemikir lainnya berupa buku, jurnal, dan literatur lain yang mendukung penelitian ini dalam batas relevansinya dengan persoalan yang diteliti. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan, penulis menyimpulkan bahwa: Nilai-nilai Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Buku Rasulullah Sang Guru Karya Abdul Fattah Abu Ghuddah terdiri dari Kompetensi pedagogik, Kompetensi kperibadian, Kompetensi sosial, Kompetensi profesional. Kompetensi pedagogik meliputi tidak berbicara dengan tergesa-gesa agar orang lain bisa menghafalnya, memperhatikan perbedaan individu diantara orang-orang yang belajar, menggunakan metode diskusi dan tanya jawab, metode diskusi dan berpikir logis, metode deduktif, metode nasihat, metode kisah, dan metode keteladanan.Kompetensi keperibadan meliputi Kesempurnaan naluri, kesempurnaan budi pekeri.keutamaan dalam perkataan dankeutamaan prilaku Kompetensi Sosial meliputi: bersikap ramah kepada murid, menghargai perasaan murid, menjalin hubungan deengan murid, dan memberikan hak kepada setiap murid untuk menyampaikn pndapat. Dan Kompetensi professional meliputi: Rasulullah SAW adalah utusan Allah SWT yang tetulis dalam nash Al-Qur‟an sebagai seorang guru bagi seluruh manusia dan kemanusiaan dan tidak diragukan lagi ke profesionalannya. Nilai-nilai Yang terkandung dalam buku Rasulullah Buku Rasulullah Sang Guru Karya Abdul Fattah Abu Ghuddah dalam memberikan pelajaran kepada para sahabat masih relevan dipergunakan dalam konteks pendidikan dewasa ini. Karena Rasulullah SAW adalah suri tauladan yang baik bagi umat muslim, baik itu dalam pembelajaran, pemerintahan, dan kehidupan sehari�sehari. Tidak ada contoh yang lebih baik dari Rasullah SAW dalam proses pembelajaran pendidikan Agama Islam. Kata Kunci: Nilai-nilai Kompetensi, Guru Pendidikan Agama Islam, Abdul Fattah Abu Ghuddah, Pendidikan Islam Kotemporer. iv ABSTRACT In this contemporary era of education, Islamic Religious Education teachers are faced with various challenges in the learning process, one of the factors for achieving learning objectives is teachers who have competence in their fields. Some of the obstacles faced by teachers, both internal and external factors such as lack of mastery of technology as an important factor in the implementation of the learning process, the ability of teachers to manage classes, packaging materials and use of media, and communication relationships in learning. This makes learning run less effective. The importance of the teacher's role in the implementation of the learning process is one of the efforts in responding to the education crisis. By looking in the mirror in the repertoire of Islam, we cannot deny that we have the best teacher that we can use as a reference in responding to the current conditions, namely the Prophet Muhammad SAW because in fact there has been a good role model for the Messenger of Allah. The purpose of this study is to (1) determine the competency values of Islamic Religious Education teachers in the book Rasulullah Sang Guru by Abdul Fattah Abu Ghuddah. (2) Knowing the relevance of teacher competency values in the book Rasulullah Sang Guru by Abdul Fattah Abu Ghuddah to contemporary Islamic education. The research method used is library research. The nature of the research is descriptive analytic and the method of analysis is content analysis. Primary sources obtained directly from the object of this research, namely: the book Rasulullah Sang Guru published by Pustaka Arafah, Solo in 2019. While the supporting sources are in the form of the works of other thinkers in the form of books, journals, and other literature that supports research This is within the limits of its relevance to the problem under study. Based on the research that the author did, the authors concluded that: The Competence Values of Islamic Religious Education Teachers in the Book of Rasulullah Sang Guru by Abdul Fattah Abu Ghuddah consist of pedagogic competence, personal competence, social competence, and professional competence. Pedagogic competence includes not speaking in a hurry so that others can memorize it, paying attention to differences between people who study, using discussion and question and answer methods, discussion methods and logical thinking, deductive methods, advice methods, story methods, and exemplary methods. Personal competence includes perfection of instinct, perfection of character. The virtues in quotations and the virtues of behavior in Social Competence include: being friendly to students, respecting students' feelings, establishing relationships with students, and giving each student the right to express opinions. And professional competencies include: Rasulullah SAW is the messenger of Allah SWT who is written in the Qur'anic text as a teacher for all humans and humanity and there is no doubt about his professionalism. The values contained in the book Rasulullah The Book of Rasulullah The Teacher by Abdul Fattah Abu Ghuddah in giving lessons to friends are still relevant to be used in the context of education today. Because Rasulullah SAW is a good role model for Muslims, both in learning, government, and daily life. There is no better example than Rasulullah SAW in the process of learning Islamic education. Keywords: Competency Values, Islamic Religious Education Teacher, Abdul Fattah Abu Ghuddah, Contemporary Islamic Education.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jan 2022 03:39
Last Modified: 18 Jan 2022 03:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17174

Actions (login required)

View Item View Item