PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) DAN CURIOSITY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP

DHIKA, RAYI ARTANIA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) DAN CURIOSITY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI DHIKA RAYI ARTANIA ..pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep matematis ialah suatu kemampuan yang penting dalam matematika. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) dan Curiosity terhadap pemahaman konsep matematis siswa SMP. Penelitian ini ialah penelitian kuantitatif. Populasi dipenelitian ini ialah seluruh kelas VIII MTs Ma’arif NU 5 Sekampung. Sampel yang digunakan ialah kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) dan kelas VIII.B sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran ekspositori. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep matematis serta angket curiosity. Uji hipotesis menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama. Uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Barlett. Dari hasil analisis diperoleh H0A ditolak, Fhitung > Ftabel yaitu 10,285 > 4,13. Dengan begitu, ada pengaruh model pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE) terhadap pemahaman konsep matematis siswa. H0B ditolak, Fhitung > Ftabel yaitu 51,53 > 3,28. Dengan begitu, ada pengaruh Curiosity terhadap pemahaman konsep matematis siswa. H0AB diterima, Fhitung < Ftabel yaitu 0,36 < 3,28. Dengan begitu tidak ada interaksi antara Rotating Trio Exchange (RTE) dan Curiosity terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE), Curiosity, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jan 2022 03:22
Last Modified: 18 Jan 2022 03:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17173

Actions (login required)

View Item View Item