PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA SMP MATERI BANGUN DATAR BERNUANSA ISLAMI DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME)

GHOUSY, INDRIYANI (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA SMP MATERI BANGUN DATAR BERNUANSA ISLAMI DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab1-bab2-bab5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of CETAK SKRIPSI GHOUSY INDRIYANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul pada materi bangun datar bernuansa islami dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dapat membantu para peserta didik dalam memahami materi bangun datar serta dapat mengetahui nilai-nilai islami yang berhubungan dengan materi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reseach and Development (R&D) bedasarkan model ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subyek dalam penelitian ini adalah satu kelas peserta didik kelas VIII SMP Al-Huda Jati Agung dan peserta didik kelas IX SMPN 19 Bandar Lampung. Data penelitian didapatkan dengan teknik wawancara, angket validasi ahli dan angket respon peserta didik. Hasil penilaian diperoleh dari angket validasi adapun ahli materi terhadap modul ini dengan kriteria layak yang memiliki persentase rata-rata sebesar 76,4% dari persentase tertinggi 100%. Penilaian ahli media tergolong dalam kategori sangat layak dengan persentase rata-rata 86,8%. Sedangkan penilaian ahli agama mendapatkan kategori layak dengan persentase 74,2%. pada pelaksanaan uji coba kelompok kecil yang diikuti oleh 10 peserta didik kelas VII SMP Al-Huda mendapatkan skor rata- rata sebesar 3,34 dari skor rata-rata tertinggi 4,00, uji coba kelompok kecil yang dilaksanakn di SMP N 19 Bandar Lampung memperoleh kriteria sangat menarik dengan skor 3,39. Pada uji coba kelompok besar yang di ikuti 31 siswa kelas VIII SMP Al-Huda skor kemenarikan yang diperoleh yaitu 3,50 dan kelas IX SMPN 19 Bandar Lampung dengan skor 3,42 pada kriteria sangat menarik. Sehingga dapat disimpulkan modul pembelaran matematika materi bangun datar bernuansa islami dengan pendekatan Realistic Mathematics Eduction (RME) ini menarik untuk digunakan. Kata Kunci : Bangun Datar, Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Bernuansa Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jan 2022 08:32
Last Modified: 17 Jan 2022 08:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17168

Actions (login required)

View Item View Item