IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MI DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG

LAILA, MU’JIZAH (2022) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MI DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK MI Darul Huda Bandar Lampung sudah menerapkan pembelajaran kooperatif tetapi proses pembelajaran tersebut tidaklah sepenuhnya sesuai dengan yang diharapkan guru, dikarenakan masih terdapat siswa yang kurang pemahaman terhadap aturan pembelajaran dan permainan yang diberikan sehingga menyebabkan aktivitas belajar siswa menjadi masih kurang baik. Hal ini terlihat saat guru memberikan pertanyaan seputar materi, hanya ada satau atau dua siswa yang menjawab pertanyaan tersebut sedangkan siswa yang lain hanya diam. Aktivitas siswa dalam pembelajaran juga kurang optimal terutama keaktifan merespon pertanyaan dari guru, menyanggah atau menyetujui ide dan interaksi antar siswa belum terjadi secara optimal. Padahal manfaat pmbelajaran kooperatif itu sendiri dapat meningkatkan keaktifan siswa, dan siswa tidak akan merasa jenuh dalam melakukan proses belajar karena siswa melaksanakan berbagai permainan sehingga menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan metode pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas IV di MI Darul Huda Bandar Lampung. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian kualitatif merupakan langkah penelitian yang menciptakan data deskriptif berbentuk kata-kata tertulis dan lisan dari orang-orang atau keadaan yang terlihat. Sumber data primer diperoleh dari guru, dan data sekunder dalam penelitian ini berupa arsip, data tertulis dan dokumen yang digunakan sebagai penguat data yang telah didapat. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pelaksanaan pembelaaran kooperaif dalam meningkatkan aktivitas belajar pada pembelajaran IPS yang didapat dari hasil observasi dan wawancara. Penerapan pembelajaran kooperatif demi meningkatkan aktivitas belajar IPS kelas IV di MI Darul Huda Bandar Lampung memang sudah terlaksana tetapi sepenuhnya belum terlaksana dengan cukup baik. Kemudian pendidik menemukan tipe kooperatif yang sangat sederhana dan mudah dipahami oleh peserta didik yaitu sebuah metode pembelajaran yang menarik dan dapat memotivasi siswa sehingga dapat meningkatkan partisipasi dan aktivitas belajar siswa. Salah satu metode pembelajaran yang mendukung terlaksananya aktivitas belajar siswa bagi pendidik kelas IV di MI Darul Huda Bandar Lampung adalah metode pembelajaran kooperatif tipe Team Game Toeurnament (TGT) yang didalamnya siswa belajar dan bekerja iii sama dengan kelompok-kelompok kecil bagi pendidik metode pembelajaran ini memungkinkan terjadinya aktivitas belajar yang maksimal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, terlihat bahwa aktivitas belajar IPS siswa mampu ditingkatkan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT). Metode ini menjadikan siswa memiliki aktivitas belajar yang beragam, pendidik telah merancang ini dengan sebaiknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:51
Last Modified: 17 Jan 2022 07:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17165

Actions (login required)

View Item View Item