RAKTIK PENGUPAHAN DI PABRIK PENGGILINGAN PADI DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Pabrik Penggilingan Padi di Desa Sidomukti Kecamatan Abung Timur Kabupaten Lampung Utara)

NOVIAN, SAPUTRA (2022) RAKTIK PENGUPAHAN DI PABRIK PENGGILINGAN PADI DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Pabrik Penggilingan Padi di Desa Sidomukti Kecamatan Abung Timur Kabupaten Lampung Utara). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NOVIAN SAPUTRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Muamalah merupakan bagian dari Hukum Islam yang mengatur hubungan antara seseorang dengan orang lain, Contoh dari Hukum Islam yang termasuk Muamalah salah satunya adalah upah Mengupah penggilingan padi merupakan proses pengolahan gabah menjadi beras yang cukup banyak digunakan oleh para petani di Desa Sidomukti Kecamatan Abung Timur Kabupaten Lampung Utara, pada umumnya proses penggilingan padi dapat dipisahkan anatara pengolahan gabah menjadi beras pecah (PK), dan proses penyosohan yakni pengolahan beras pecah kulit menjadi beras sosoh, Para petani biasanya memberikan upah kepada pemilik penggilingan padi berupa sejumlah beras yang telah di sepakati sebelumnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik pengupahan penggilingan padi di Desa Sidomukti Kecamatan Abung Timur Kabupaten Lampung Utara dan bagaimana tinjauan Hukum Islam tentang praktik pengupahan penggilingan padi di Desa Sidomukti Kecamatan Abung Timur Kabupaten Lampung Utara Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktik pengupahan penggilingan padi di Desa Sidomukti Kecamatan Abung Timur Kabupaten Lampung Utara, dan untuk mengetahui tinjauan Hukum Islam tentang praktik pengupahan penggilingan padi di Desa Sidomukti Kecamatan Abung Timur Kabupaten Lampung Utara. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) sifat penelitian adalah deskriptif,analisis normatif, sumber datanya berasal dari hasil penelitian lapangan. Sampel dari penelitian ini adalah pihak pabrik, dan pemilik padi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dilokasi penelitian, Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan creaditing dan sistemating. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam praktik upah mengupah yang terjadi di penggilingan padi Desa Sidomukti Kecamatan Abung Timur Kabupaten Lampung Utara terdapat ketidakrelaan salah satu pihak, karena pemilik pabrik melakukan pengambilan upah dengan adanya kecurangan dalam permainan timbangan yang dilakukan tanpa sepengetahuan dari pemilik padi. Sehingga terjadi keterpaksaan dalam pengupahan tersebut. Tinjauan hukum Islam tentang pengupahan penggilingan padi di Desa Sidomukti Kecamatan Abung Timur Kabupaten Lampung Utara merupakan praktek upah mengupah yang tidak sah dan tidak sesuai dengan hukum islam karena salah satu pihak yaitu pemilik padi merasa dirugikan dalam pengambilan upah tesebut. Hal ini sama saja dengan mengambil upah secara batil dan hukumnya dilarang dalam Islam. Namun akan lebih baik ketika pembagian upah berlangsung diharuskannya kedua belah pihak menghadiri secara langsung umtuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan dapat merugikan kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:38
Last Modified: 17 Jan 2022 07:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17164

Actions (login required)

View Item View Item