ANALISIS PENGARUH PASAR SAHAM SYARIAH GLOBAL TERHADAP PASAR SAHAM SYARIAH INDONESIA DENGAN PENDEKATAN ERROR CORECTION MODEL (ECM)

SHINTIA, ANGGITA PUTRI (2022) ANALISIS PENGARUH PASAR SAHAM SYARIAH GLOBAL TERHADAP PASAR SAHAM SYARIAH INDONESIA DENGAN PENDEKATAN ERROR CORECTION MODEL (ECM). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER,BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI SHINTIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Investasi pada hakikatnya merupakan pengumpulan uang atau yang dapat dipersamakan dengan itu, Sebagai negara yang pasar keuangannya tengah berkembang, pasar modal telah menjadi bagian penting dalam perekonomian Indonesia. saham syariah sangat di minati oleh investor. Jumlah emiiten yang terdaftar dalam indeks syariah cenderung stabil mengalami kenaikan sejak tahun 2016-2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh saham syariah global terhadap saham syariah Indonesia dan untuk Mengetahui Saham dan Transaksi Saham menurut Ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah indeks saham Dow Jones Islamic Market (DJIM) pada Amerika Serikat, Canada, Eropa, Turki dan India sedangkan di Indonesia menggunakan Jakarta Islamic Index (JII). Penulis mengambil data dari situs yahoo finance. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik Error Corrrection Model (ECM) dengan menggunakan program Eviews 10 For Windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Ordinary Least Squares (OLS) untuk menganalisis jangka panjang dan Error Correction Model (ECM) untuk menganalisis jangka pendek, menyatakan hasil bahwa secara simultan pasar saham syariah global (DJIMUS, DJIMTR, DJIMIN, DJIMCA dan DJIEU25) dan pasar saham syariah Indonesia (JII) terdapat pengaruh signifikan pada tahun 2018-2020. Islam memandang bahwasanya agar investasi pada pasar modal terhindar dari sifat gharar dan maysir. Kata Kunci: DJIM, JII, ECM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:30
Last Modified: 17 Jan 2022 07:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17161

Actions (login required)

View Item View Item