PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KEKUATAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP NIAT BELI SECARA ONLINE SAAT PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Mahasiswa di Bandarlampung)

EKA, SEPTIANA SARI (2022) PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KEKUATAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP NIAT BELI SECARA ONLINE SAAT PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Mahasiswa di Bandarlampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI EKA SEPTIANA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Saat ini pandemi COVID-19 telah mewabah di Indonesia. Pandemi berdampak pada perekonomian yang mengalami penurunan, ditambah dengan aturan-aturan yang ada seperti WFH sampai dengan social distancing untuk mencegah penyebaran COVID-19. Dalam kondisi tersebut masyarakat harus tetap memenuhi kebutuhan hidupnya, namun ruang gerak masyarakat terbatas. Dengan begitu masyarakat beralih yang sebelumnya berbelanja dilakukan secara offline saat ini dilakukan secara online agar kebutuhan tetap terpenuhi. Beralihnya gaya belanja dapat dipengaruhi oleh berbagai hal, salah satunya yaitu harga yang merupakan hal penting dalam transaksi jual beli atau promosi yang dilakukan seperti tertarik oleh celebrity endorser yang mempromosikannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara persepsi harga dan kekuatan celebrity endorser terhadap niat beli secara online saat pandemi COVID-19 saat ini dan bagaimana apabila ditinjau berdasarkan ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penetian yaitu deskriptif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan unknown population. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode yang dipilih adalah convenience sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online kepada 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari, analisis regresi linier berganda diolah menggunakan program SPSS 20. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi harga dan kekuatan celebrity endorser terhadap niat beli. Hasil uji uji t dari kedua variabel X menunjukkan bahwa nilai thitung > nilai ttabel, yaitu 5,977 > 1,984 untuk X1 dan 6,090 > 1,984 untuk X2 dengan nilai sig. 0,00, sehingga dapat disimpulkan Ha diterima dan H0 ditolak. Sedangkan hasil uji F yang menyatakan bahwa nilai Fhitung > Ftabel, yaitu 68,177 > 3,09 dengan tingkat sig. 0,00, maka variabel X1dan X2 secara bersamaan memberikan pengaruh yang bermakna terhadap variabel Y sesuai dengan hipotesis dalam penelitian, sehingga dapat diterima. Apabila ditinjau berdasarkan ekonomi islam, baik mengenai harga yang sah dalam islam serta kekuatan celebrity endorser dalam menerapkaan nilai-nilai syariah dalam etika beriklan telah terlaksanakan meskipun belum secara maksimal. Kata kunci : Persepsi Harga, Celebrity Endorser, Niat Beli, COVID-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:14
Last Modified: 17 Jan 2022 07:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17160

Actions (login required)

View Item View Item