PENGARUH OPINI AUDITOR INDEPENDEN DAN PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT TERHADAP DANA SYIRKAH TEMPORER PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2016-2020

HEVI, ANGGERAINI (2022) PENGARUH OPINI AUDITOR INDEPENDEN DAN PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT TERHADAP DANA SYIRKAH TEMPORER PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2016-2020. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI_Hevi Anggeraini_1751020160.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Dana syirkah temporer adalah salah satu bentuk investasi masyarakat terhadap bank syariah secara langsung. Faktor yang mempengaruhi masyarakat untuk berinvestasi pada bank adalah kepercayaan. Indikator kepercayaan investor dapat dilihat dari kualitas laporan keuangan. Kualitas laporan keuangan diukur dengan opini auditor independen pada laporan keuangan auditan. Opini auditor independen akan mencerminkan secara umum kualitas laporan keuangan sehingga dapat digunakan oleh seluruh kepentingan. Selain itu, pengungkapan sustainability report juga secara tidak langsung mendukung pengungkapan pertanggung jawaban perusahaan pada masyarakat pada sektor selain keuangan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh opini auditor independen dan pengungkapan sustainability report secara parsial terhadap dana syirkah temporer pada Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2016-2020? dan Bagaimana pengaruh opini auditor independen dan pengungkapan sustainability report secara simultan terhadap dana syirkah temporer pada Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2016-2020? Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan sumber data sukunder berupa laporan keuangan dan laporan berkelanjutan BUS periode tahun 2016-2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel berjumlah 10 BUS dari populasi 14 dan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan library research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa opini auditor independen berpengaruh terhadap dana syirkah temporer namun pengungkapan susutanbility report tidak berpengaruh terhadap dana syirkah temporer secara parsial. Hal tersebut dibuktikan dengan signifikansi uji t masing-masing variabel ada yang kurang dari dan lebih dari 0.05. Tetapi secara simultan opini auditor independen dan pengungkapan susutanbility report tidak berpengaruh terhadap dana syirkah temporer. Hal tersebut terjadi karena indikasi bahwa masyarakat indonesia selaku investor lebih memperhatikan hal-hal seperti strategi promosi. Kata Kunci : Opini Auditor Independen, Sustainabilty Report. Dana Syirkah Temporer.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:00
Last Modified: 17 Jan 2022 07:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17157

Actions (login required)

View Item View Item