DAKWAH KULTURAL TRADISI NGINDUN DALAM PROSESI AQIQAH PADA SUKU SEMENDE DI DESA MUTAR ALAM KECAMATAN WAY TENONG KABUPATEN LAMPUNG BARAT

Riri, Ristianingrum (2022) DAKWAH KULTURAL TRADISI NGINDUN DALAM PROSESI AQIQAH PADA SUKU SEMENDE DI DESA MUTAR ALAM KECAMATAN WAY TENONG KABUPATEN LAMPUNG BARAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP _Riri Ristianingrum_1741010074.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan zaman mempengaruhi pola pikir masyarakat sedikit demi sedikit, merubah serangkaian prosesi adat atau ritual yang ada di dalam masyarakat sehingga menimbulkan akulturasi budaya. Ngindun adalah suatu tradisi yang dilakukan masyarakat suku semende sebagai bentuk rasa syukur atas kelahiran anak bayi yang diadakan bersamaan dengan Aqiqah, tradisi ini sudah dilaksanakan oleh suku ini turun temurun, dilaksanakan ketika bayi berumur 7 hari dari hari kelahirannya, atau bisa saat bayi berumur 14 dan 21 hari. Kemudian yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Dakwah kultural atau Nilai-nilai islami yang terkandung di dalam tradisi ngindun di Desa Mutar Alam dan bagaimana prosesi pelaksaan tradisi Ngindun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai islami yang terdapat dalam tradisi ngindun, serta proses pelaksanaan yang ada di dalam tradisi Ngindun. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif, penelitian ini menggunakan teknik sampel Snowball sampling, dengan menggunakan metode sumber data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan interview, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara melihat data yang sudah dikumpulkan dari interview, observasi, dokumentasi, serta dilandasi dengan teori Dakwah Kultural. Dari hasil analisis data ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan tradisi Ngindun juga memerlukan persiapan seperti, bunga, pandan, kelapa, kambing, uang, telur, parfum. Dan proses pelaksanaan tradisi ngindun diantaranya, pembukaan, sambutan, siarah, acara inti, penutup. Nilai- Nilai dakwah yang terkandung dalam tradisi ngindun antara lain nilai ibadah, nilai silaturahmi, nilai sadaqoh, nilai syukur dan nilai tolongmenolong. Kata kunci : Dakwah Kultural, Tradisi Ngindun, Prosesi Aqiqah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jan 2022 06:40
Last Modified: 17 Jan 2022 06:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17150

Actions (login required)

View Item View Item