IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN DI SD IT ULUL ALBAB JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

M.FITRA, HAMZAH UTAMA (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN DI SD IT ULUL ALBAB JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI_M.Fitra Hamzah Utama_1711030035.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menginisiasi, memfasilitasi, dan meningkatkan intensitas dan kualitas belajar pada diri peserta didik.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang di peroleh di analisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan ketekunan dan pengamatan dan triangulasi. Triangulasi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut:Perencanaan pembelajaran yang ada di SD IT Ulul albab Jati Agung lampung selatan sudah terlaksana dengan baik hal ini dikarenakan perencanan pembelajaran yang di terapkan sudah sesuai dengan indikator dalam teori Rusman yang peneliti gunakan. Adapun yang belum terlaksana adalah masih terdapat tenaga pendidik yang belum menggunakan alat peraga dan media pembelajaran.Dalam kegiatan pendahuluan tenaga pendidik melaksanakannya dengan baik, akan tetapi pada beberapa mata pelajaran menurut hasil observasi yang didapatkan oleh penulis ternyata masih terdapat tenaga pendidik yang belum melaksanakan kegiatan pendahuluan ketika memulai pembelajaran.Dalam kegiatan inti untuk mata pelajaran AL-Quran Hadist masih belum terlaksana dengan baik, hal ini di lihat dari hasil wawancara dengan peserta didik dan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti meyebutkan bahwa ada beberapa sub indikor yang tidak dilaksanakan sehingga hal itu membuat kegiatan belajar mengajar menjadi kurang efektif dan efisien.Dalam kegiatan penutup sudah terlaksana dengan baik. Hal itu di dikarenakan dalam kegiatan penutup tenaga pendidik memberikan rangkuman atau kesimpulanDalam penilaian hasil pembelajaran sudah terlaksana dengan baik, penilaian yang dilakukan sudah memenuhi indikator mutu pembelajaran dari teori rusman maupun dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. A

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jan 2022 05:05
Last Modified: 17 Jan 2022 05:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17145

Actions (login required)

View Item View Item