PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD IT ULUL ALBAB JATIAGUNG LAMPUNG SELATAN

SINDI, MARETA (2022) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD IT ULUL ALBAB JATIAGUNG LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI_SINDI MARETA_1711030163.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Peran Kepala Sekolah adalah dasar sekaligus pendorong yang sangat penting dalam sebuah lembaga pendidikan,kepala sekolah mempimpin secara keseluruhan sumber daya manusia termasuk yang paling penting adalah guru yang mana dalam hal ini adalah kinerja guru. Untuk itu, kepala sekolah harus menjadi contoh dan menjalankan tanggung jawabnya terhadap apa yang seharusnya dilakukan terhadap guru, sebab guru adalah orang yang berhadapan langsung dengan kompetensi-kompetensi yakni kemampuan kepribadian,kemampuan pedagogic,kemampuan professional,dan kemampuan sosial sehingga nantinya akan mampu untuk melahirkan generasi-generasi peserta didik yang berprestasi sesuai dengan kemampuannya masing-masing, adapunrumusan penelitian ini adalah Bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD IT Ulul Albab Jatiagung Lampung Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru SD IT Ulul Albab Jatiagung Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data wawancara, observasi, dan tekhnik dokumentasi. Fokus informasi pada penelitian ini berasal dari kepala sekolah dan guru (pendidik) serta staff sekolah. Informan yang paling utama dalam penelitian ini ialah kepala sekolah sebab kepala sekolah terlibat langsung dengan guru atau pendidik di SD IT Ulul Albab Jatiagung Lampung Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SD IT Ulul Albab Jati Agung Lampung Selatan bahwa kepala sekolah telah berhasil mempengaruhi dalam hal menguasai materi pembelajaran secara luas serta mengenalkan kepada para guru baru yang masih bingung dalam menghadapi karakter siswa-siswi, Mengarahkan dalam mengelola perangkat pembelajaran peserta didik dengan cara menuntun atau mengajak para guru dalam menyiapkan perangkat iii pembelajaran, Memotivasi dalam memotivasi guru lebih professional pada bidangnya dan mempunyai target untuk para guru agar dapat meningkatkan kinerja pada bidangnya masing�masing, serta Membina dalam bagaimana memberi teguran kepada guru yang masih kurang disiplin dan melanggar aturan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Peran Kepala Sekolah,Kemampuan Guru atau Pendidik iv ABSTRACT The role of the principal is the basis as well as a very important driver in an educational institution, the principal leads the overall human resources including the most important is the teacher or educator which in this case is the performance of the teacher. For this reason, school principals must be examples and carry out their responsibilities for what should be done to teachers, because teachers are people who deal directly with competencies, namely personality abilities, pedagogic abilities, professional abilities, and social skills so that later they will be able to give birth. generations of students who excel in accordance with their respective abilities, while the formulation of this research is how the role of the principal in improving teacher performance at SD IT Ulul Albab Jatiagung South Lampung. This study aims to describe the role of the principal in improving teacher performance at SD IT Ulul Albab Jatiagung, South Lampung. This study uses a descriptive qualitative approach, using interview data collection techniques, observation, and documentation techniques. The focus of information in this study came from the principal and teachers (educators) and school staff. The most important informant in this study was the principal because the principal was directly involved with teachers or educators at SD IT Ulul Albab Jatiagung South Lampung. The results of this study indicate that the role of the principal in improving teacher performance at SD IT Ulul Albab Jati Agung South Lampung that the principal has succeeded in influencing in terms of mastering learning material widely and introducing new teachers who are still confused in dealing with the character of students, Directing in managing student learning tools by guiding or inviting teachers in preparing learning tools, Motivating teachers to be more professional in their fields and having targets for teachers to improve performance in their v respective fields, and Fostering in how to give reprimands to students. teachers who still lack discipline and violate the rules in the learning process. Keywords: Principal's Role, Teacher's or Educator's Ability

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:58
Last Modified: 17 Jan 2022 04:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17144

Actions (login required)

View Item View Item