IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PEMBINAAN PERILAKU SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN KELAS II SD NEGERI 2 WALUYOJATI KABUPATEN PRINGSEWU

DWI, ANTI ELFIN ANATUN (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PEMBINAAN PERILAKU SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN KELAS II SD NEGERI 2 WALUYOJATI KABUPATEN PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Implmentasi Pendidikan karakter dalam pembelajaran di kelas II di SD Negeri 2 Waluyojati, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Pendidikan Krakter yang dilaksanakan di SDN 2 Waluyojati. Penelitian ini menggunakan Pendekatan studi kasus. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan membatasi penelitian dengan fokus dan memiliki ciri-ciri yang sesuai dengan penelitian kualitatif subjek penelitian ini adalah guru kelas II SDN 2 Waluyojati Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, daftar cek RPP, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian diperoleh bahwa implementasi pendidikan karakter dalam proses Pembelajaran di kelas II SDN 2 Waluyojati telah dilaksanakan oleh guru melalui Perencanaan. Dalam pembelajaran adalah adanya nilai karakter yang termuat dalam RPP yaitu pada KI (kompetensi Inti) dan Kompetensi Dasar (KD). Terdapat beberapa faktor penghambat yang dialami guru dalam pembelajaran yaitu kurangnya kesadaran siswa dalam menaati aturan, motivasi siswa untuk belajar masih kurang, dan kesadaran siswa terhadap tugas dan tanggung jawabnya masih kurang untuk mengurangi hal itu guru menegur siswa secara langsung dan membimbing siswa. Upaya yang dilakukan guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran adalah memberi teladan disipllin waktu, memberi teladan dengan menaati aturan, selalu mengecek kehadiran siswa. menumbuhkan rasa ingin tahu dapat melalui apersepsi dan penggunaan media, metode, serta strategi dalam hasil observasi guru selalu menumbuhkan rasa ingin tahu siswa. Selain itu Pemberian tugas individu juga sering kali dilakukan guru untuk mengimplementasikan nilai mandiri, kerja keras, dan tanggung jawab, dan kegiatan akhir pembelajaran yaitu menyimpulkan hasil pembelajaran hal tersebut untuk menanamkan nilai percaya diri. Dari hasil penelitian ini bisa disimpulkan bahwa pengimplementasikan pendidikan karakter di SD Negeri 2 Waluyojati sudah memenuhi prosedur dan sudah cukup baik. Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Karakter

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:36
Last Modified: 17 Jan 2022 04:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17139

Actions (login required)

View Item View Item