PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODELLING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 4 DI SD NEGERI 6 GEDONG AIR 2020/2021

Fitri, Melania (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODELLING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 4 DI SD NEGERI 6 GEDONG AIR 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian one-grup pretest-postest. Populasi penenlitian ini adalah peserta didik kelas IV B di SD Negeri 6 Gedong Air kemudian didapatkan 25 sampel dengan menggunakan motivasi belajar dengan teknik Modelling untuk menangani peserta didik tersebut. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penerapan motivasi belajar dengan teknik Modelling kelompok dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan nilai rata-rata tingkat motivasi belajar sebelelum di berikan motivasi belajar dengan teknik Modelling adalah sebanyak 53,48 dan setelah diberikan motivasi belajar dengan teknik Modellin mengalami peningkatan menjadi 103,52. Tetapi pada uji hipotesis yang peneliti uji nilai sig > 0.5, nilai sig tersebut adalah 347 yang artinya lebih besar daripada > 0,5 berarti dapat di simpulkan bahwa hipotesis di tolak. Diketahui nilai Sig. untuk pengeruh X terhadap Y adalah sebesar 347 > 0,05 dari nilai t hitung -961 >t tabel 2,06866, dari data diatas ho ditolak maka ha ditolak. Alasan yang dapat peneliti ambil adalah : 1) Peserta didik tidak focus kepada pembelajaran yang di berikan oleh peneliti dikarnakan peserta didik lebih antusias dengan modelling nya saja hanya focus ke membuat rumah nya. 2) Metode modelling ternyata tidak berhasil dilakukan untuk memotivasi peserta didik dimasa pandemic ini karena pembelajaran masih kurang kondusif peneliti dan peserta didik hanya bisa melakukan video call melalui WhatsApp saja, karena durasi belajar dan perbedaan tempat antara peneliti dan pendidik itu lah yang mengakibatkan tidak berhasilnya pembelajaran modelling terhadap motivasi belajar peserta didik, peneliti juga tidak bisa mengawasi 100% peserta didik di dalam video call juga peneliti melihat beberapa peserta didik belajar sambal di bantu oleh orang tua untuk mengerjakan tugas yang diberikan peneliti. Kata kunci: Modelling, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:06
Last Modified: 17 Jan 2022 04:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17136

Actions (login required)

View Item View Item