MANAJEMEN PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN KURSUS CALON PENGANTIN PADA KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN TANJUNG SENANG KOTA BANDAR LAMPUNG

Yossie, Mauliani (2022) MANAJEMEN PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN KURSUS CALON PENGANTIN PADA KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) KECAMATAN TANJUNG SENANG KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN  2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pelayanan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia dan menjadi hal pokok dalam suatu aktivitas di bidang pemerintahan yang tidak dapat dilakukan oleh orang banyak. Kantor Urusan Agama Tanjung Senang Kota Bandar Lampung adalah lembaga yang melayanai 5 kelurahan sekaligus yang bergerak dibidang pemerintahan. Maka dibutuhkannya pelayanan , juga meningkatkan kualitas layanan demi mempertahankan loyaliyas kepada calon pengantin. Hal inilah yang menarik penulis untuk mengetahui kondisi pelayanan terhadap kursus calon pengantin, sehingga terumuslah judul:„„Manajemen Pelayanan Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Kursus Calon Pengantin Pada Kantor Urusan Agama Tanjung Senang” yang memiliki rumusan masalah „„ Bagaimana Manajemen Pelayanan Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan kursus Calon Pengantin Pada kantor Urusan Agama Kecamatan Tanjung Senang Kota Bandar Lampung?” yang memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan kualitas layanan. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian jenis lapangan ( field reseach) yaitu suatu penelitian yang langsung dilakukan di lapangan atau pada responden. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptiif yaitu penelitian berupaya menghimpun, mengolah dan menganalisis data secara kualitatif deskriptif . maksudnya melakukan pendekatan investigasi, peneliti mengumpulkan data dengan cara bertatap muka secara langsung dan berinteraksi dengan orang�orang di tempat penelitian. Memberikan penjelasan dan jawaban terhadap pokok permasalahan yang penulis teliti, bukan berarti untuk menguji atau mencari teori baru. Analisis penulis dalam Karya ilmiah ini adalah Manajemen Pelayanan Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Suscatin pada Kantor Urusan Agama ( KUA) Kecamatan Tanjung Senang Kota Bandar Lampung sudah menggunakan fungsi manajemen mulai dari menggunakan fungsi manajemen dari planning, organizing, actuating, maupun controlling dan sudah berjalan sesuai aturan yang berlaku dan berusaha memberikan kualitas layanan yang terbaik dengan memberikan layanan melebihi dari harapan dari suscatin dengan iii indikator tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy, Kantor Urusan Agama Kecamatan Tanjung Senang Kota Bandar Lampung, sudah memberikan layanan yang berkualitas kepada suscatin, dan juga calon pengantin merasa pelayanannnya terpenuhi dan merasa nyaman terhadap pelayanan sehingga terciptanya loyalitas dari calon pengantin terhadap Kantor Urusan Agama Kecamatan Tanjung Senang Kota Bandar Lampung. Kata Kunci: Manajemen Pelayanan, kualitas Layanan, Kursus Calon Pengantin iv ABSRACT Service cannot be separated from human life and becomes the main thing in an activity in the service sector that cannot be done by many people. Tanjung senang Religious Affairs Office, Bandar Lampung City is an institution that serves 5 urban villages at the same time which is engaged in services. So the need for service, also improve the quality of service in order to maintain loyalty to the bride and groom. This is what attracted the author to find out the conditions of service for the prospective bride and groom course, so the title was formulated: ''Service Management in Improving the Quality of Suscatin Services at the Tanjung Glad Religious Affairs Office'' which has a problem formulation ''How is Service Management in Improving the Quality of Suscatin Services at the office Religious Affairs, Tanjung senang District, Bandar Lampung ” which aims to find out how to improve service quality. The type of research used is a type of field research (field research), which is a research that is directly carried out in the field or on the respondent. This research is descriptive qualitative, that is, research seeks to collect, process and analyze descriptive qualitative data. This means carrying out an investigative approach, researchers collect data by meeting face to face and interacting with people at the research site. Providing explanations and answers to the main problems that the author examines, does not mean to test or find new theories. The author's analysis in this scientific work is Service Management in Improving the Quality of Suscatin Services at the Office of Religious Affairs ( KUA) Tanjung Senang District, Bandar Lampung City already using management functions starting from using management functions from planning, organizing, actuating, and controlling and has been running according to the rules that applies and strives to provide the best quality service by providing services exceeding the expectations of suscatin with indicators of tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy, the Office of Religious Affairs, Tanjung Glad District, Bandar Lampung City, has provided quality services to suscatin, and also the bride and groom feel v their services are fulfilled and feel comfortable with the service so as to create loyalty from the bride and groom to the Office of Religious Affairs, Tanjung Happy District, Bandar Lampung City. Keywords: Service Management, service quality, Course candidate bride

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:50
Last Modified: 17 Jan 2022 03:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17133

Actions (login required)

View Item View Item