ANALISIS NET PROFT MARGIN (NPM), RETURN ON ASSET (ROA), OPERATING INCOME RETURN ON INVESTMENT (OIROI) TERHADAP ZAKAT PERUSAHAAN (Studi Kasus Bank Umum Syariah Yang Terdaftar Di Otoritas Jasa Keuangan 2016-2020)

VIVI, RISMAWATI (2022) ANALISIS NET PROFT MARGIN (NPM), RETURN ON ASSET (ROA), OPERATING INCOME RETURN ON INVESTMENT (OIROI) TERHADAP ZAKAT PERUSAHAAN (Studi Kasus Bank Umum Syariah Yang Terdaftar Di Otoritas Jasa Keuangan 2016-2020). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI VIVI RISMAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kinerja keuangan bank merupakan gambaran kondisi keuangan bank pada suatu periode tertentu baik mencakup aspek penghimpunan dana maupun penyaluran dananya. Kinerja bank dapat dilihat dari berbagai rasio yang menggambarkan kesahatan keuangan, salah satunya yaitu rasio profitabilitas. Rasio profitabilitas merupakan rasio yang menggambarkan seberapa besar evektivitas perusahaan dalam menjalankan oprasional perusahaan. Rasio profitabilitas dapat dilihat dengan indikator�indikator rasio antara lain Net Profit Margin (NPM), Return On Asset (ROA), dan Operating Income Return On Investment (OIROI). Bedasarkan pengamatan rasio profitabilitas yang terdapat pada bank umum syariah dilihat dari indikator-indikator tersebut mengalami fluktuasi. Penelitian ini bertijuan untuk penguji pengaruh rasio profitabilitas yang dilihat dari indikator Net Profit Margin (NPM), Return On Asset (ROA), dan Operating Income Return On Investment (OIROI) baik secara parsial dan simultan terhadap zakat perusahaan terutama bank umum syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah syariah enterprise theory dan teori stakeholder. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah bank umum syariah. Sampel dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria Bank Umum Syariah yang mempunyai data laporan keuangan yang konsisten dari 2016 sampai 2020 dan sudah dipublikasi baik website masing-masing bank ataupun website Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta memiliki lebih dari 25 kantor cabang tersebar di seluruh Indonesia. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Uji hipotesis menggunakan metode regresi linier berganda serta uji koefisien determinasi dengan alat olah data IBM SPSS Statistic versi 25. iv Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa secara simultan variabel Net Profit Margin (NPM), Return On Asset (ROA), dan Operating Income Return On Investment (OIROI) berpengaruh signifikan terhadap Zakat Perusahaan. Secara parsial Net Profit Margin (NPM) dan Operating Income Return On Investment (OIROI) tidak berpengaruh signifikan terhadap zakat perusahaan, sedangkan Return On Asset (ROA) berpengaruh positif signifikan terhadap zakat perusahaan. Kata Kunci : Profit Margin (NPM), Return On Asset (ROA), Operating Income Return On Investment (OIROI), Zakat Perusahaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:49
Last Modified: 17 Jan 2022 03:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17132

Actions (login required)

View Item View Item