TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG SISA UANG TIDAK TERPAKAI PADA AKAD PEMBIAYAAN IJARAH MULTIJASA LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH (Studi di PT. BPRS Bandar Lampung)

DHEA, TRIANAM PUTRI (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG SISA UANG TIDAK TERPAKAI PADA AKAD PEMBIAYAAN IJARAH MULTIJASA LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH (Studi di PT. BPRS Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DHEA TRIANA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Bank syariah Bandar Lampung merupakan salah satu Bank Syariah yang memiliki produk pembiayaan multijasa dengan menggunakan akad ijarah, yang dikenal dengan sebutan pembiayaan ijarah multijasa. Pembiayaan ijarah multijasa di Bank Syariah Bandar Lampung merupakan pembiayaan yang diberikan untuk berbagai keperluan nasabah dalam memperoleh manfaat atas suatu jasa. Sampai saat ini, mayoritas produk pembiayaan bank syariah masih terfokus pada produk-produk murabahah (prinsip jual-beli). Akan tetapi berbanding terbalik dengan yang didapatkan di Bank Syria Bandar lampung ini. Pembiayaan Multijasa menjadi pembiayaan yang banyak dilakukan oleh nasabah dibandingkan pembiayaan murabahah. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan akad ijarah multijasa di PT. BPRS Bandar Lampung, dan juga bagaimana tinjauan hukum Islam tentang sisa uang tidak terpakai pada akad ijarah multijasa di PT. BPRS Bandar Lampung. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan akad ijarah multijasa diPT.BPRS Bandar Lampung, juga untuk mengetahui tinjauan hukum Islam tentang sisa uang tidak terpakai pada akad ijarah multijasa di PT. BPRS Bandar Lampung. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (Field Research) yang dilakukan di PT. BPRS Bandar Lampung. Adapun sifat dari penelitian yaitu deskriptif analitik.Untuk mengumpulkan data lapangan yang valid digunakan beberapa teknik pengumpulan data seperti dokumentasi dan wawancara. Lalu analisa data dilakukan secara kualitatif dan diolah dengan pola pikir induktif. Hasil dari penelitian ini adalah perjanjian pembiayaan ijarah multijasa diBPRS Bandar Lampung dilakukan dengan menggunakan 2 akad yaitu Perjanjian Al-Ijarah Multijasa dan Wakalah, akad ini dilakukan sekaligus dan ditandatangani pada hari yangsama. Objek dari akad ijarah multijasa di BPRS Bandar Lampung adalah manfaat jasa dan upah. Manfaat ini bisa beragam sesuai dengan peruntukan dan tujuan dari pembiayaan yang diajukan nasabah, lalu dalam perjanjian ini disertakan akad wakalah dimana nasabah yang bertinda ksebagai“wakil”untukmewakili kepentingan bank untuk membayarkan sejumlah uang yang diperuntukkan dalam perjanjian ijarah multijasa. Adanya akad wakalah sebagai akad pelengkap yang dapat meringankan kerja bank dalam memenuhi kebutuhan nasabah. Dan tinjauan hukum islam mengenai sisa uang tidak terpakai pada akad ijarah multijasa di PT. BPRS Bandar Lampung. Sisa uang tidak terpakai tersebut harus dikembalikan ke pihak BPRS karena sudah sesuai dengan kontrak akad yg sudah dibuat oleh PT. BPRS Bandar Lampung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:17
Last Modified: 17 Jan 2022 03:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17128

Actions (login required)

View Item View Item