TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT (Studi Kasus Di Puskesmas Negeri Besar Kecamatan Negeri Besar Kabupaten Way kanan)

LIA, FITRI RUDISA (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT (Studi Kasus Di Puskesmas Negeri Besar Kecamatan Negeri Besar Kabupaten Way kanan). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LIA FITRI RUDISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 menjelaskan bahwa kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis dan juga telah ditetapkan bahwa setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan merupakan hak setiap orang yang dijamin dalam Undang-Undang Dasar 1945 untuk melakukan upaya peningkatan derajat, kesehatan baik perseorangan, maupun kelompok atau masyarakat secara keseluruhan. Pelayanan Kesehatan merupakan tanggung jawab pemerintah daerah sesuai ketentuan peraturan menteri kesehatan nomor 75 tahun 2014 tentang pusat kesehatan masyarakat yang menyatakan bahwa pemerintah bertanggungjawab menyelenggarakan urusan pemerintah dalam bidang kesehatan di kabupaten/kota. Namun Pelayanan kesehatan Di Puskesmas Negeri Besar masih banyak mendapatkan kritik dari masyarakat terutama kualitas nya yang belum sesuai dengan apa yang menjadi harapan masyarakat, terutama layanan informasi yang tidak semua masyarakat paham karna sosialisasi yang dilakukan pihak Puskesmas tidak merata dan sulitnya menemui pihak pegawai Puskesmas. Berdasarkan penelitian di atas yang menjadi rumusan masalah didalam skripsi ini adalah pertama, Bagaimana Tinjauan Hukum Islam tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Di Puskesmas Negeri Besar , dan yang kedua, Bagaimana Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Puskesmas Negeri Besar, Kecamatan Negeri Besar Kabupaten Way Kanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Tinjauan Hukum Islam Tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Di Puskesmas Negeri Besar Kecamatan Negeri Besar Kabupaten Way Kanan dan Kualitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat Di Puskesmas Negeri Besar. Dalam penulisan skripsi ini digunakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang langsung dilapangan atau kepada responden secara langsung. Dengan cara Observasi, Dokumentasi, dan Wawancara. Sedangkan sifat dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu mengungkapkan kejadian atau fakta, keadaan, fenomena, variabel, Di Puskesmas Negeri Besar Kecamatan Negeri Besar Kabupaten Way Kanan. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa Tinjauan Hukum Islam serta Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Negeri Besar Kecamatan Negeri Besar Kabupaten Way Kanan kurang sesuai karna kualitas pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas Negeri Besar belum sepenuhya sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat. Dengan pembuktian dari hasil wawancara, interview, dan dokumentasi kepada responden secara langsung. Kata kunci: kualitas pelayanan, puskesmas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jan 2022 07:27
Last Modified: 14 Jan 2022 07:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17126

Actions (login required)

View Item View Item