PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS V SD/MI

Meri, Aprina (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS V SD/MI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan masalah yaitu, kurangnya bahan ajar yang diperlukan oleh pendidik, diperlukan pengembangan bahan ajar berupa modul yang dirancang secara khusus untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa, penelitian ini dilakukan bertujuan untuk : 1) Mengetahui pengembangan produk berupa modul pembelajaran tema ekosistem untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas V SD/MI, 2) Mengetahui tingkat kelayakan modul pembelajaran tema ekosistem untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas V SD/MI, 3) Mengetahui penilaian respond peserta didik dan pendidik terhadap produk berupa modul pembelajaran tema ekosistem untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas V SD/MI. Penelitian yang dilakukan oleh penulis ialah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE dengan beberapa tahapan yaitu tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap development (pengembangan), tahap penerapan (implimentatiton), dan tahap evaluasi (evaluation). Validasi kelayakan dilakukan dengan dua ahli media, dua ahli materi dan ahli bahasa. Uji lapangan terdiri dari uji coba skala besar dan uji coba skala kecil. Hasil dari penelitian dan pengembangan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media modul pembelajaran tematik tema ekosistem untuk meningkatkan penguasaan konsep memperoleh nilai rata-rata ahli media 92,25 % dikategorikan sangat layak, rata-rata penilaian dari ahli materi 89,2 % dikategorikan sangat layak, rata-rata penilaian dari ahli bahasa 85 % dikategorikan sangat layak, sedangkan penilaian yang diberikan peserta didik tahap uji skala besar 92,7 % dan uji coba skala kecil 93,4 % yang dikategorikan sangat layak hal ini menunjukan media modul pembelajaran tematik tema ekosistem untuk meningkatkan penguasaan konsep layal digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Modul, Tematik, Penguasaan Konsep

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jan 2022 07:02
Last Modified: 14 Jan 2022 07:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17124

Actions (login required)

View Item View Item