PENGEMBANGAN MEDIA SCRABBLE PADA PELAJARAN IPS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V SD/MI

Mianur, Fauziah (2022) PENGEMBANGAN MEDIA SCRABBLE PADA PELAJARAN IPS UNTUK PESERTA DIDIK KELAS V SD/MI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL MIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian dilakukan dengan maksud dan tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran scrabble pada mata pelajaran IPS untuk peserta didik kelas V SD/MI, media scrabble pada mata pelajaran IPS ini dibuat untuk memberikan pengaruh baik pada peserta didik. Penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yang memiliki beberapa tahapan diantaranya yaitu pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap validitas (development) serta tahap penyebaran (disseminte). Dalam tahapan validasi kelayakan dilakukan dengan dua ahli materi, dua ahli media, serta dua pendidik. Uji lapangan terdiri dari uji skala kecil pada dua puluh peserta didik dan uji skala besar yang terdiri dari tiga puluh peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Murni Jaya dan MIN 7 Bandar Lampung. Berdasarkan hasil keseluruhan pada tahapan-tahapan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media scrabble pada mata pelajaran IPS untuk peserta didik kelas V SD/MI materi keberagaman dan persebaran yang ada di Indonesia memperoleh nilai rata�rata ahli media 76,1% dikategorikan layak, rata-rata dari nilai materi ialah 87,5% masuk dalam kategori sangat layak, dan rata-rata penilaian pendidik 88,49% yang dikategorikan sangat layak. Sedangkan pada hasil penilaian yang diberikan peserta didik pada tahap uji skala kecil 94,30% serta uji skala besar 92,73% termasuk dalam kategori sangat layak hal ini menunjukan bahwa media scrabble pada mata pelajaran IPS untuk peserta didik kelas V SD/MI layak digunakan pada kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pelajaran IPS, Scrabble.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jan 2022 06:51
Last Modified: 14 Jan 2022 06:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17123

Actions (login required)

View Item View Item