SISTEM KERJASAMA ASURANSI KERUGIAN KENDARAAN DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus PT. Asuransi Sinar mas dengan Bengkel Mandiri Bandar Lampung)

DIATUL, AFIFAH (2022) SISTEM KERJASAMA ASURANSI KERUGIAN KENDARAAN DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus PT. Asuransi Sinar mas dengan Bengkel Mandiri Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI DIATUL AFIFAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PT Asuransi Sinar Mas (Persero) Kantor Cabang Bandar Lampung yang melaksanakan program asuransi kendaraan roda empat. Seiring semakin meningkatnya aktivitas produksi kendaraan di Indonesia Dalam setiap tahunnya, maka hal ini memerlukan suatu pengalihan risiko kepada pihak lain melalui asuransi. Semakin banyaknya nasabah, perusahaan asuransi dituntut untuk terus meningkatkan kualitasnya. PT. Asuransi Sinar Mas yang bekerjasama dengan bengkel Mandiri memberikan pelayanan dengan mengansurasikan suatu kendaraan dalam bentuk yakni Asuransi kerugian. Namun sistem kerjasama Asuransi kerugian kendaraan ini belum Jelas ketika suatu kendaran mengalami kerugian (kehilangan). Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan mengambil judul “Sistem Kerjasama Asuransi Kerugian Kendaraan Dalam Tinjauan Hukum Islam Studi di PT. Asuransi Sinar Mas dengan Bengkel Mandiri. Bandar Lampung)”. Rumusan masalah dari penelitian adalah (1) Bagaimana Sistem kerjasama asuransi kerugian kendaraan di PT. Asuransi Sinar Mas dengan Bengkel Mandiri Bandar lampung? (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap sistem kerjasama asuransi kerugian kendaraan di PT. Asuransi Sinar Mas dengan Bengkel Mandiri Bandar lampung?. Lokasi penelitian ini bertempat di jalan Ahmad Yani, No. 17C Bandar Lampung dan di jalan R. Ryacudu No.8 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Sistem Akad Kerjasama Asuransi Kendaraan di PT. Asuransi Sinar Mas dan Bengkel Mandiri Bandar Lampung ditinjauan dari segi Hukum Islam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakuan secara sistematis dan mendalam dengan memperoleh data-data yang ada di lapangan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskripsi kualitatif Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sistem kerjasama yang dilakukan oleh PT. Asuransi Sinar Mas dengan bengkel ini menggunakan sistem klaim. Jenis kerjasama yang dilakukan oleh PT. Asuransi Sinar Mas dengan Bengkel Mandiri ini adalah Kerjasama rekanaan. Metode pembayaran yang digunakan oleh Asuransi kepada persahaan biasanya sudah tercantum di dalam polis/perjanjian. Sistem Kerjasama ini ditinjau dari Hukum Islam yakni sudah sesuai dengan prinsip-prinsip yang ada di dalam hukum Islam. Dengan prinsip Asuransi Syariah yaitu prinsip berserah diri dan ikhtiar, prinsip tolong menolong, prinsip saling bertanggung jawab, prinsip saling kerjasama dan bantu membantu, prinsip saling menanggung risiko Dan jasa asuransi yang tidak menggunakan riba atau yang melanggar ajaran Islam. Sebagaimana yang telah Allah firmankan di dalam surat Al-Maidah ayat 2

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Jan 2022 03:57
Last Modified: 14 Jan 2022 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17120

Actions (login required)

View Item View Item