Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam meningkatkan aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Mts MNurul Islam Jati Agung

Apriyani Dian, Anisa (2017) Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dalam meningkatkan aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Mts MNurul Islam Jati Agung. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (465kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (32kB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (163kB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
PDF
Download (201kB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
PDF
Download (83kB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (136kB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
PDF
Download (24kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tesis ini mengkaji upaya yang dilakukan dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa di MTs Nurul Islam Jati Agung Lampung Selatan dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share, model pembelajaran Think Pair Share yang merupakan suatu model pembelajaran yang membantu peserta didik dalam mengembangkan pemahaman dan sikapnya sehingga dalam bekerja bersama-sama diantara sesama anggota yang satu dengan yang lain sehingga meningkatkan motivasi, produktivitas dan perolehan belajar yang baik. Permasalahan yang dibahas dalam tesis ini Bagaimanakah implementasi model pembelajaran Think Pair Share dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa di MTs Nurul Islam Jati Agung Lampung Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kualitatif dan kuantitatif yang mana peneliti hanya menggambarkan sepenuhnya suatu kejadian yang ada dilapangan dengan mempersentasikan hasil analisis. Untuk membahas permasalahan yang dijukan tersebut, dilakukan dengan pengumpulan data di lapangan dengan beberapa tahapan siklus dan data tambahan dari kepala sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru bidang Study fiqih, Kepala Tata Usaha dan peserta didik. Data yang diperoleh dan dikumpulkan kemudian dolah melalui tiga tahap yaitu, reduksi data,display data dan verivikasi data, lalu ditarik kesimpulan dan dianalisis secara kualitatif dan mempersentasikannya dengan kuantitatif. Setelah mengadakan analisis terhadap data yang diperoleh, hasilnyamenunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas belajar Fiqih pada siswa di MTs Nurul Islam Jati Agung Lampung Selatan, setelah dilaksanakannya pembelajaran kooperatif dengan metode-metodenya. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Secara pisikis penelitian ini diharapkan berguna untuk memberikan bahan masukan kepada guru dan kepala sekolah dan pihak-pihak yang berkepentingan dalam pembelajaran Fiqih di sekolah MTs Nurul Islam Jati Agung Lampung Selatan dalam rangka membenahi dan meningkatkan aktivitas peserta didik. 2). Selain itu pula dengan model pembelajaran ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling bekerja sama tanpa membedakan kemampuan atau keahlian sehingga tercipta saling ketergantungan antara satu dengan yang lainnya. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di MTs Nurul Islam Jati Agung Lampung Selatan. Pembelajaran Cooperative disusun dalam suatu usaha untuk meningkatkan partisipasi siswa, memfasilitasi siswa dengan pengalaman sikap kepemimpinan dan membuat keputusan dalam kelompok, serta memberi kesempatan pada siswa untuk berinteraksi dan belajar bersama-sama siswa yang berbeda latar belakangnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 27 Oct 2017 03:27
Last Modified: 27 Oct 2017 03:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1712

Actions (login required)

View Item View Item