PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS MOVIE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG

NURAINI, ERLINA WATI PUTRI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS MOVIE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL NUR AINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan atas latar belakang rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 19 pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi klasifikasi makhluk hidup. Pembelajaran yang digunakan cenderung menggunakan metode ceramah dan penugasan. Sehingga timbul efek jenuh peserta didik terhadap pembelajaran didalam kelas yang monoton dan hanya bersifat satu arah saja. Penelitian ini menggunakan metode Factorial Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak kelas dan diperoleh dua kelas yaitu kelas VII B dan kelas VII C. Kedua kelas ini diberikan perlakuan yang berbeda yaitu kelas kontrol Project based learning, kelas eksperimen Project based learning berbasis Movie learning. Teknik pengumpulan data melalui Pretest dan Postest yang berindikator kemampuan berpikir kreatif dan lembar angket berindikator kemandirian belajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini sudah melalui tahap uji coba. Uji hipotesis menggunakan anava dua jalur taraf signifikan 0,05, dengan syarat data normal melalui uji Liliefors dan data homogen diuji melalui uji bartlet. Hasil penelitian ini menunjukkan HA = 0,001, HB = 0,121 dan HC = 0,551 yang mana HA < 0,005 menyebabkan H1A diterima, sedangkan HB dan HC > 0,05 sehingga menyebabkan H0B dan H0C diterima Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Project based learning berbasis Movie learning terhadap kemampuan bepikir kreatif, tidak ada pengaruh peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi, sedang dan rendah terhadap kemampuan berpikir kreatif, serta tidak terjadi interaksi antara kemampuan berpikir kreatif dengan kemandirian belajar peserta didik SMPN 19 Bandar Lampung Kata Kunci : Model Pembelajaran, Project based learning, Movie learning, Kemampuan berpikir kreatif, Kemandirian belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jan 2022 07:18
Last Modified: 13 Jan 2022 07:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17108

Actions (login required)

View Item View Item