PENGEMBANGAN MEDIA MODUL ELEKTRONIK BERBASIS APLIKASI 3D PAGE FLIP PROFESSIONAL PADA TEMA MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN UNTUK KELAS III SD/MI

MITA, SEPTIANI SAPUTRI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA MODUL ELEKTRONIK BERBASIS APLIKASI 3D PAGE FLIP PROFESSIONAL PADA TEMA MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN UNTUK KELAS III SD/MI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI MITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dikarenakan peserta didik jarang mendapatkan media pembelajaran yang bervariasi peserta didik jarang mendapatkan media pembelajaran software yang mempermudah belajar mandiri, ditemukan potensi bahwa peserta didik selalu merasa senang dengan media pembelajaran yang dianggap baru dan meningkatkan produktifitas belajar yang efektif di era digital yang mengembangkan media modul elektronik berbasis aplikasi 3D Page Flip Professional pada tema menyayangi tumbuhan dan hewan. Untuk meneliti layal atau tidaknya produk yaitu dilihat dari respon peserta didik dan respon pendidik terhadap media pembelajaran berupa modul elektronik berbasis aplikasi 3D Page Flip Professional pada pokok bahasan dengan tema menyayangi tumbuhan dan hewan. Penelitian ini menggunakan research and development ( R&D). Tahap validasi desain melibatkan 6 subjek validator yaitu (2 orang validator materi, 2 orang validator media, dan 2 orang validator ahli media). Keenam subjek tersebut dilibatkan untuk menguji kelayakan dari kaidah penggunaan bahasa Indonesia baik dan benar. Penilaian kelayakan desain menggukan lembar validasi tahap uji coba melibatkan 20 peserta didik skala kecil, dan 30 peserta didik pada uji coba skala besar. Yang dinilai 2 orang guru dilibatkan untuk melihat keefektifitan modul elektronik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kelayakan oleh ahli materi layak 65%, nilai oleh ahli media sangat layak yaitu 72,05%, sedangkan nilai kelayakan oleh bahasa adalah 68,15% sangat layak dan uji coba kelompok kecil respon peserta didik 80,62% dan uji coba skala besar respon peserta didik 81,25% dan uji coba ke pendidik sangat layak dengan 86,69%. Ini menunjukkan bahwa modul elektronik berbasisi aplikasi 3D Page Flip Professional yang dihasilkan dalam penelitian dianggap sangat layak digunakan pada tema menyayangi tumbuhan dan hewan. Kata Kunci : Modul Elektronik, 3D Page Flip Professional, Tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Jan 2022 05:23
Last Modified: 13 Jan 2022 05:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17101

Actions (login required)

View Item View Item