Marsudi, Marsudi (2017) Peran kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik bidan studi pendidikan agama islam:Pai di Sdn 01 Curup Patah Gunung Labuhan Way Kanan. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (618kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (6MB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (50kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (221kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (273kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (166kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (219kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (87kB) | Preview |
Preview |
PDF
Download (68kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berkenaan tentang peran Kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Peran guru seperti menjadi fasilitator, membimbing, mengarahkan dan memberi nasehat, menjadi teladan dan membiasakan belajar mengajar. Dan peran kepala sekolah menyediakan fasilitas belajar, memberi perhatian dalam kegiatan belajar peserta didik, membiasakan peserta didik untuk belajar serta memberikan arahan dan nasehat. Berdasarkan hasil pra survey penelitian SDN 01 Curup Patah Gunung Labuhan Way Kanan peran guru pendidikan agama Islam dan kepala sekolah peserta didik tergolong baik yang menjadi permasalahan adalah perolehan prestasi belajar yang masih rendah. Untuk itu peneliti tertarik mengadakan penelitian mengenai “Peran Kepala Sekolah dan Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SDN 01 Curup Patah Gunung Labuhan Way Kanan”. Rumusan masalah saya fokuskan pembahasan : “Bagaimana peran kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan prsetasi belajar peserta didik Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SDN 01 Curup Patah Gunung LabuhanWay Kanan?”. Selanjutnya penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif. Dalam pengambilan sumber data mengunakan cara berupa, purposive sampling dan snowball. Dan teknik pengumpulan data berupa, wawancara, observasi dan dokumentasi. Metodeanalisis data dilakukan dengan Reduksi Data, Penyajian Data danVerfikasi Data. Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka ditemukan dilapangan bahwa “peran kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan prsetasi belajar peserta didik Bidang Studi pendidikan Agama Islam Di SDN 01 Curup Patah Gunung Labuhan Way Kanan telah di perankan dengan baik kepada peserta didik di SD tersebut, pelaksanaan dalam proses belajar mengajar pun berjalan dengan baik, peran guru dengan mengajarkan pendidikan Agama Islam, membiasakan mendisiplinkan pola belajar, memberikan motivasi belajar, memberikan arahan, memberikan bimbingan, menghukum, memberikan pujian dan hadiah, memberikan suri tauladan dan menasehati peserta didik. Peran kepala sekolah dalam menyediakan fasilitas belajar, memperhatikan pendidikan peserta didik, memberikan pengarahan dan nasehat, memberikan pengawasan, memberikan semangat dan motivasi dan membantu kesulitan belajar. Prestasi belajar peserta didik di SDN 01 Curup Patah Gunung Labuhan Way Kanan setelah di perankan olehkepala sekolah dan guru prestasi belajar peserta didik dapat meningkat dengan cukup baik. Penulis menyimpulkan bahwa peran kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik membutuhkan keselarasan dari kedua belah pihak baik keluarga peserta didik ataupun pihak sekolah seperti dewan guru serta pihak-pihak yang terkait di dalamnya, namun tidak terlepas dari minat, motivasi dan kompetensi peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Rohai Inah Indrakasih |
Date Deposited: | 27 Oct 2017 03:15 |
Last Modified: | 27 Oct 2017 03:15 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1710 |
Actions (login required)
View Item |