Peranan guru Pai dalam meningkatkan kompetensi pembelajaran Pai di Sdn 2 Palembang Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan Tahun Ajaran 2015/2016

Windarti, Ika (2017) Peranan guru Pai dalam meningkatkan kompetensi pembelajaran Pai di Sdn 2 Palembang Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan Tahun Ajaran 2015/2016. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (533kB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Depan.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (990kB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (253kB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
PDF
Download (273kB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
PDF
Download (103kB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (220kB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
PDF
Download (101kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (42kB) | Preview

Abstract

Peran Guru PAI DalamMeningkatkan Kompetensi Pembelajaran PAI SD Negeri 2 Palembapang Tahun Ajaran 2015 / 2016. Peranan guru sangatlah besar pengaruhnya dalam pendidikan, termasuk di dalamnya bagaimana menjadikan guru sebagai pahlawan yang berjasa terhadap pelaksanaan pendidikan. Peranan guru sangatlah besar terutama dalam meningkatkan kompetensi pembelajaran PAI. Karena dalam proses kegiatan belajar mengajar terutama dalam pembelajaran PAI di sekolah dalam pelaksanaannya masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini dikarenakan, adanya sebagian guru bidang studi belum memahami bagaimana belajar mengajar yang baik dan benar khususnya untuk mata pelajaran PAI yang pada umumnya terkadang cenderung bersifat monoton dan tidak menarik dan dalam penerapan metode pengajaran yang diterapkan pun harus menyentuh dalam kehidupan nyata. Pendidikan Agama Islam membentuk aspek jasmani dan rohani seseorang berdasarkan kepada nilai-nilai ajaran agama Islam yang terkandung dalam kitab suci Al-Qur’an dan sunnah Rasulullah. Kedua aspek tersebut diharapkan tumbuh seimbang, sehingga tidak menimbulkan kesenjangan antara kebutuhan rohani dan kebutuhan jasmani. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peranan yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kompetensi pembelajaran PAI. Untuk mencapai tujuan penelitian di atas, penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif adalah “suatu metode penelitian yang berdasarkan pada filsafat postpositivisme”, digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.Dalam penelitian ini metode analasis yang digfunakan adalah metode analisis data kualitatif dimulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber, yaitu wawancara, pengamatan yang sudah dituliskan dalam catatan lapangan, dokumen pribadi, dokumen resmi, gambar foto dan sebagainya. Setelah ditelaah, langkah selanjutnya adalah mereduksi data, penyusunan satuan, kategorisasi dan yang terakhir adalah penafsiran data. Berdasarkan hasil analisis data bahwa peranan guru PAI dalam meningkatkan kompetensi pembelajaran PAI, dapat diketahui bahwasannya guru PAI sudah menjalankan peranannya sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator, fasilitator, evaluator, dan motivator dalam meningkatkan kompetensi pembelajaran PAI. Kompetensi pembelajaran PAI di SDN 2 Palembapang Kec. Kalianda Kab

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 27 Oct 2017 03:01
Last Modified: 27 Oct 2017 03:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1709

Actions (login required)

View Item View Item