ANALISIS STRATEGI PROMOSI PRODUK PINJAMAN USAHA PADA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada BUMDes Idaman Desa Purwodadi Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus)

BOBBY, SUBANGKIT DWITAMA (2022) ANALISIS STRATEGI PROMOSI PRODUK PINJAMAN USAHA PADA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada BUMDes Idaman Desa Purwodadi Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Banyaknya masyarakat yang ingin mandiri soal perekonomian, mendorong masyarakat untuk lebih aktif dalam berwirausaha. Dalam menjalankan kewirausahaanya tidak sedikit masyarakat yang membutuhkan modal atau kekurangan modal. Seperti yang ada di Desa Purwodadi masyarakat yang membutuhkan modal usaha dapat melakukan pinjaman usaha pada BUMDes Idaman yang berda di Desa Purwodadi. Masalah dalam penelitian ini kurang maksimalnya strategi promosi pada BUMDes yang memiliki potensi untuk lebih maju. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan strategi promosi di BUMDes Idaman dan mengetahui strategi promosi terhadap produk pinjaman usaha. Penelitian ini sejalan dengan penelitian yang dilakukan oleh Yudi Andika, 2018, Moh Rusdi, 2019, Herlin Le, 2015, Marceline Livia Hedynata, 2016, Annisa Nurul Fildzah, 2018. Penelitiaan ini merupakan penelitian lapangan dan merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu pihak-pihak yang bersangkutan dengan BUMDes Idaman. Sampel penelitian ini berjumlah 15 orang dengan metode pengambilan sample yaitu purposive sampling. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan peneliti terdiri dari metode observasi, metode interview, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini masyarakat belum banyak yang tahu mengenai BUMDes Idaman. Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan di BUMDes Idaman, promosi yang dilakaukan untuk saat ini memang hanya dari personal selling atau mulut ke mulut. BUMDes Idaman dapat melakukan promosi melalui iklan mengenai produk pinajaman usaha dapat dilakukan melalui media online lebih efektif dan brosur. Promosi penjualan dapat dilakukan melalui pemberian diskon, kontes, kupon, atau sampel produk. Dalam ekonomi Islam mempromosikan suatu produk melalui iklan, kebenaran dan kejujuran adalah dasar nilai ekonomi Islam. Melalui produk pinjaman usahan yang ada pada BUMDes Idaman tersebut telah melakukan tolong menolong kepada masyarakat seperti yang tertuang dalam AL-Maidah ayat 2, untuk melancarkan kegiatan perkonomian dan kesejahteraan. Kata kunci: Strategi promosi, BUMDes, pinjaman usaha

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jan 2022 07:15
Last Modified: 12 Jan 2022 07:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17078

Actions (login required)

View Item View Item