PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD DARUL MUSHLIHIN BANDAR LAMPUNG

ANDINI, JULIANTI (2022) PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD DARUL MUSHLIHIN BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Metode bercerita adalah salah satu pemberian pengalaman pelajaran bagi anak usia dini dengan pembawaan cerita kepada anak secara lisan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pelaksanaan penerapan metode bercerita dalam mengembangkan kecerdasaan emosional anak usia 5-6 tahun di PAUD Darul Mushlihin Bandar Lampung?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penerapan metode bercerita terhadap kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun di PAUD Darul Mushlihin Bandar Lampung. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian guru dan 19 orang anak, alat pengumpul data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil temuan dan pembahasannya pada bab sebelumnya, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa Penerapan Metode Bercerita dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Darul Mushlihin Bandar Lampung sudah dilakukan dengan baik dan sudah sesuai dengan langkah-langkahnya, yaitu pertama guru menyiapkan ruangan, guru melakukan apersepsi dan memotivasi anak dengan mengadakan tanya jawab tentang materi pelajaran yang berkaitan dengan kompetensi dasar yang akan dibahas, guru menyampaikan tujuan pembelajaran, guru menyampaikan aturan permainan dan penjelasan mengenai materi, pembentukan anak dalam bentuk kelompok, guru memberi contoh bercerita kepada anak, anak memperhatikan dan kemudian mencoba bercerita sesuai keinginannya sendiri, guru mengamati sambil memberi penilaian, guru mengevaluasi dengan mengajukan tanya jawab kepada anak mengenai kegiatan yang telah mereka lakukan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode bercerita sudah diterapkan sesuai dengan langkah-langkah yang dapat mengembangkan kecerdasan emosional anak secara optimal, efektif dan efisien. Kata Kunci : Metode Bercerita, Kecerdasan Emosional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:47
Last Modified: 12 Jan 2022 04:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17075

Actions (login required)

View Item View Item