ANALISIS HUKUM ISLAM TENTANG PEMBAYARAN SEWA MENYEWA JASA INTERNET DENGAN SISTEM PAKET (Studi di Disney Net Teluk Bandar Lampung)

M. Sultan, Al Kahfi (2022) ANALISIS HUKUM ISLAM TENTANG PEMBAYARAN SEWA MENYEWA JASA INTERNET DENGAN SISTEM PAKET (Studi di Disney Net Teluk Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Sewa-menyewa adalah memberikan sesuatu barang atau benda kepada orang lain untuk diambil manfaatnya dengan perjanjian yang telah disepakati. Sebagaimana yang terjadi di Disney Net Teluk Bandar Lampung. Di Disney Net Teluk Bandar Lampung menyediakan jasa internet yang dikemas dalam bentuk sistem paketan waktu perjam yang dibayar sebelum menggunakan jasa internet di Disney Net, dimana didalam paketan waktu tersebut terjadinya pembulatan saat pembayaran sewa menyewanya. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembayaran sewa menyewa jasa internet dengan sistem paketan di Disney Net Teluk Bandar Lampung dan bagaimana tinjauan hukum Islam tentang pembayaran sewa menyewa jasa internet dengan sistem paketan di Disney Net Teluk Bandar Lampung. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pembayaran sewa menyewa jasa internet dengan sistem paketan di Disney Net Teluk Bandar Lampung dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam tentang pembayaran sewa menyewa jasa internet dengan sistem paketan di Disney Net Teluk Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research), sifat penelitian ini bersifat deskriptif, analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif. Metode ini digunakan untuk memperoleh atau pengumpulan data dengan cara tidak langsung atau turun langsung kepada objek penelitian di lapangan untuk mendapatkan bukti terkait. Praktik pembayaran sewa-menyewa jasa internet dengan sistem paket di Disney Net Teluk Bandar Lampung. Warnet di Disney Net hanya menerapkan paket perjam atau paketan dalam durasi setiap kelipatan 1 (satu) jam. Jadi para pelanggan tidak memiliki kebebasan dalam memilih paket. Tidak semua pelanggan menyetujuinya, karena di rasa kurang tepat dalam penyedian sistem paket. Praktik pembayaran sewa-menyewa jasa internet dengan sistem paket di Teluk Bandar Lampung, Praktik pembayaran sewa menyewa jasa internet dengan sistem paketan di Disney Net ini tidak dibenarkan atau tidak diperbolehkan karena ada unsur prinsip-prinsip perjanjian yang tidak terpenuhi saat praktek pembayaran sewa-menyewa jasa internet dengan sistem paket, yaitu unsur dalam prinsip-prinsip perjanjian yang berbunyi tidak oleh merugikan orang lain. Dan yang terjadi di Disney Net ini adalah sistem paket yang dikemas dalam waktu satuan perjam saja dan kelipatannya, Disney Net tidak menyediakan jenis personal dimana personal tersebut dapat dibayar sesuai pemakaian apalagi jika menggunakan hanya beberapa menit iii saja. Jadi tidak akan menyebabkan adanya kerugian seperti halnya menggunakan paketan perjam padahal yang digunakan hanya berapa menit saja. Berdasarkan penelitian dapat dikemukakan bahwa praktik pembayaran sewa-menyewa dengan sistem paket di Disney Net ini kurang tepat karena ada unsur prinsip-prinsip yang tidak terpenuhi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jan 2022 02:09
Last Modified: 12 Jan 2022 02:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17060

Actions (login required)

View Item View Item