PENGARUH TAX AMNESTY DAN RISIKO LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS SUB SEKTOR BANK YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2016-2019)

GUNA, LAKSANA (2022) PENGARUH TAX AMNESTY DAN RISIKO LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS SUB SEKTOR BANK YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2016-2019). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2 guna.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pasar modal merupakan salah satu alternatif investasi bagi para investor. Investor dapat memaksimalkan keuntungan dengan menganalisis kinerja perusahaan. Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap suatu perusahaan yang berkaitan dengan harga saham, tercermin dari harga saham yang stabil dan meningkat. Setiap investor memiliki analisis masing-masing dalam menilai suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memberikan bukti tentang pengaruh tax amnesty dan risiko likuiditas terhadap nilai perusahaan pada sub sektor bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2016-2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian ini adalah sub sektor bank yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2016-2019. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu teknik purposive sampling. Jumlah perusahaan sampel dalam penelitian ini yaitu 27 perusahaan. Data yang diolah adalah data sekunder yang diperoleh peneliti melalui laporan tahunan dari situs resmi BEI dan situs web resmi perusahaan terkait. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel tax amnesty dan risiko likuiditas berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara parsial variabel tax amnesty tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan risiko likuiditas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Tax amnesty yang merupakan bagian dari perpajakan di Indonesia mengandung prinsip kemaslahatan umat, yang baik secara langsung maupun tidak langsung menerima manfaat dari perpajakan. Sedangkan meminimalisir potensi kerugian akibat daripada risiko likuiditas merupakan hal yang sangat dianjurkan agar kita melihat apa yang telah diperbuat dimasa lalu untuk kesuksesan dan kebahagiaan masa depan. Sehingga tax amnesty dan risiko likuiditas dalam perspektif islam adalah suatu hal yang diperbolehkan dalam agama. Kata Kunci : Tax Amnesty, Risiko Likuiditas, Nilai Perusahaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jan 2022 07:38
Last Modified: 11 Jan 2022 07:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17057

Actions (login required)

View Item View Item