ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PENETAPAN PENGADILAN AGAMA NOMOR 0031/Pdt.P/2020/PA.Twg TENTANG DISPENSASI KAWIN AKIBAT HAMIL PRA NIKAH (Studi di Pengadilan Agama Tulang Bawang Tengah)

NANDA, SETIAWAN (2022) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP PENETAPAN PENGADILAN AGAMA NOMOR 0031/Pdt.P/2020/PA.Twg TENTANG DISPENSASI KAWIN AKIBAT HAMIL PRA NIKAH (Studi di Pengadilan Agama Tulang Bawang Tengah). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan menjelaskan pemikiran, pemahaman hakim Pengadilan Agama Tulang Bawang Tengah terkait dispensasi kawin akibat hamil pra nikah, untuk mengetahui pemikiran dan pemahaman hakim Pengadilan Agama Tulang Bawang Tengah dalam menetapkan dispensasi kawin akibat hamil pra nikah, untuk mengetahui penyelesaian permohonan dispensasi kawin akibat hamil pra nikah oleh hakim Pengadilan Agama setempat, untuk mengetahui dampak dari dikabulkannya permohonan dispensasi perkawinan, dan untuk mengetahui analisis hukum islam terhadap dispensasi perkawinan. Pengadilan Agama setelah melakukan pemeriksaan dalam persidangan dan berkeyakinan bahwa terdapat hal-hal yang memungkinkan untuk memberikan dispensasi, maka Pengadilan Agama setempat memberikan dispensasi kawin dengan suatu penetapan. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pertimbangan hakim Pengadilan Agama Tulang Bawang Tengah dalam menetapkan dispensasi kawin akibat hamil pra nikah dan Bagaimana analisis hukum Islam terhadap penetapan Pengadilan Agama Nomor 0031/Pdt.P/2020/PA.Twg di Pengadilan Agama Tulang Bawang Tengah. Teori penelitian yang digunakan yaitu maslahah mursalah. Penelitian ini sifatnya deskriptif analisis dengan tujuan untuk membuat gambaran atau lukisan secara sistematik, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan fenomena yang diselidiki. Untuk memperoleh data yang di perlukan penulis menggunakan data primer dan sekunder. Temuan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertimbangan hakim dalam menetapan perkara salah satunya adalah layak atau tidak anak di bawah batas usia perkawinan diberikan dispensasi kawin. Mempertimbangkan pula maslahat dan kemudharatan jika diberikan dispensasi kawin, keterangan orang tua, saksi-saksi tentang kelayakan diberikannya dispensasi kawin. Adapun pandangan di dalam persidangan calon suami harus dipastikan bertanggung jawab. Simpulan dari penelitian ini adalah dispensasi kawin diberikan dengan mempertimbangkan maslahat dan mudharatnya. Calon suami harus dipastikan bertanggung jawab. Penelitian ini menunjukkan bahwa sejalan dengan kaidah fiqhiyah yang berbunyi menghindari kerusakan lebih utama dari pada mendatangkan kemaslahatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jan 2022 07:19
Last Modified: 11 Jan 2022 07:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17054

Actions (login required)

View Item View Item