PERAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DARI RUMAH DI TK ROUDOTUNNUR RAJABASA

Isya, Tarradiah (2022) PERAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DARI RUMAH DI TK ROUDOTUNNUR RAJABASA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Isya Tarradiah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PERAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DARI RUMAH DI TK ROUDOTUNNUR RAJABASA Oleh Isya Tarradiah 1711070127 Munculnya pandemi Covid-19, mengakibatkan berbagai sektor kehidupan berubah, tak terkecuali sektor pendidikan termasuk TK Roudotunnur Rajabasa . Pandemi Covid-19 telah mengubah pola pembelajaran yang semestinya tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh atau biasa disebut daring. Pada situasi ini peran orang tua menjadi sangat penting dan tidak terpungkiri. Jika dokter sebagai garda terdepan dalam menangani Covid-19, maka orang tua baik ayah maupun ibu adalah garda terdepan yang mengawal anak-anaknya tetap belajar di rumah masing-masing. Dalam penelitian ini, penulis ingin mendapatkan gambaran secara komprehensif tentang bagaimana peran orang tua dalam pembelajaran daring anak usia dini TK Roudotunnur Rajabasa . Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sementara objek penelitiannya adalah bagaimana peran orang tua dalam pembelajaran daring anak usia dini Di TK Roudotunnur Rajabasa . Sedangkan subjek penelitiannya adalah Kepala TK dan orang tua siswa. Untuk memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan dalam penelitian, peneliti menggunakan beberapa metode yaitu: metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisa data yang diperoleh dari hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisisreduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.Setelah penelitian dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa peran orang tua dalam pembelajaran daring anak usia dini TK Roudotunnur Rajabasa berbeda dengan pembelajaran konvensional seperti biasanya. Jika pada pembelajaran konvensional peran orang tua di rumah hanya sebatas menjadi orang tua bagi anak-anaknya, dalam pembelajaran daring selain sebagai orang tua di rumah, orang tua siswa juga berperan sebagai pendidik, pembimbing, motivator, dan fasilitator. Namun, dalam menjalankan perannya orang tua siswa memiliki beberapa faktor pendorong dan penghambat selama pembelajaran daring. Kata kunci : Peran Orang Tua, Pembelajaran Daring, TK Roudotunnur Rajabasa. iii ABSTRACT PERAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DARI RUMAH DI TK ROUDOTUNNUR RAJABASA By Isya Tarradiah 1711070127 The emergence of the Covid-19 pandemic has resulted in changes in various sectors of life, including the education sector, including the Roudotunnur Rajabasa Kindergarten. The Covid-19 pandemic has changed the pattern of learning that should be face-to-face to distance learning or commonly called online. In this situation the role of parents becomes very important and cannot be denied. If doctors are at the forefront of dealing with Covid-19, then parents, both fathers and mothers, are at the forefront of guarding their children to keep studying at home. In this study, the authors want to get a comprehensive picture of how the role of parents in online learning for early childhood at Roudotunnur Rajabasa Kindergarten. This type of research is field research (field research). Meanwhile, the object of the research is the role of parents in online learning for early childhood at Roudotunnur Rajabasa Kindergarten. While the research subjects are the head of the kindergarten and parents of students. To obtain the information and data needed in the study, the researcher used several methods, namely: observation, interview, and documentation methods. In analyzing the data obtained from the research results, the authors use analysis techniques of data reduction, data display, and drawing conclusions. After the research is carried out, it can be concluded that the role of parents in online learning for early childhood at Roudotunnur Rajabasa kindergarten is different from conventional learning as usual. If in conventional learning the role of parents at home is only limited to being parents for their children, in online learning apart from being parents at home, parents also act as educators, mentors, motivators, and facilitators. However, in carrying out their role, parents have several encouraging and inhibiting factors during online learning. Keywords: Role of Parents, Online Learning, Kindergarten Roudotunnur Rajabasa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jan 2022 05:16
Last Modified: 11 Jan 2022 05:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17050

Actions (login required)

View Item View Item