TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI NOMOR 25 TAHUN 2020 TENTANG SISTEM INFORMASI PAJAK SECARA ONLINE ( Studi Pada Kantor Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Way Kanan)

Mauli, Agustina (2022) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI NOMOR 25 TAHUN 2020 TENTANG SISTEM INFORMASI PAJAK SECARA ONLINE ( Studi Pada Kantor Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Way Kanan). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI MAULI AGUSTINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pajak secara online adalah sambungan langsung antara satu dengan sub system lainnya secara elektronik dan terintegrasi serta real time yang berkaitan dengan pelaporan transaksi secara elektronik meliputi informasi data, transaksi usaha dan transaksi pembayaran yang dilakukan oleh Wajib Pajak. Sehubungan dengan usaha-usaha untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, salah satu upaya yang dilakukan oleh Kantor Badan Pendapatan Daerah Way Kanan adalah dengan melakukan pelayanan kepada masyarakat wajib pajak secara online bertujuan untuk menghasilkan informasi mengenai perpajakan yang relevan, tepat waktu, dan akurat. Namun tentunya sebagai suatu sistem informasi secara online tidak terlepas dari berbagai permasalahan seperti server down,gagal registrasi,tidak bisa aktivasi dan lain sebagainya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Peraturan Bupati Nomor 25 Tahun 2020 Tentang Sistem Informasi Pajak Secara Online? dan Bagaimana Tinjauan Fiqh Siyasah terhadap Implementasi Peraturan Bupati Nomor 25 Tahun 2020 Tentang Sistem Informasi Pajak Secara Online?.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Implementasi Peraturan Bupati Nomor 25 Tahun 2020 Tentang Sistem Informasi Pajak Secara Online. Untuk mengetahui Tinjauan Fiqh Siyasah Implementasi Peraturan Bupati Nomor 25 Tahun 2020 Tentang Sistem Informasi Pajak Secara Online. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif analisis yaitu dengan cara menganalisis data yang diteliti dengan memaparkan data-data tersebut kemudian untuk memperoleh kesimpulan. Jenis penelitian ini lapangan (field research) yaitu penelitian yang langsung dilakukan dilapangan atau pada responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa buku, dokumen, peraturan perundang-undangan, wawancara dan hasil dari penelitian. Implementasi Pasal 2 Peraturan Bupati Nomor 25 Tahun 2020 Tentang Sistem Informasi Pajak Secara Online sudah dilaksanakan tetapi belum sepenuhnya dilakukan dan kurangnya sosialisasi terhadap masyarakat terkait Peraturan Bupati Nomor 25 Tahun 2020 Tentang Sistem Informasi Pajak Secara Online. Jika dikaitkan dengan Fiqh Siyasah yaitu Siyasah Dusturiyah maka implementasi pasal 2 Peraturan Bupati Nomor 25 Tahun 2020 Tentang Sistem Informasi Pajak Secara Online, masih belum baik dimana Kantor Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Way Kanan harus mampu memberikan pemahaman terhadap masyarakat wajib pajak sesuai dengan pasal 2 ayat (1) Peraturan Bupati Nomor 25 Tahun 2020 Tentang Sistem Informasi Pajak Secara Online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jan 2022 04:11
Last Modified: 11 Jan 2022 04:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17045

Actions (login required)

View Item View Item