PENGEMBANGAN E-PORTOFOLIO BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN HABITS OF MIND PESERTA DIDIK KELAS X MATA PELAJARAN BIOLOGI

RATIH, DEWANTI (2022) PENGEMBANGAN E-PORTOFOLIO BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN HABITS OF MIND PESERTA DIDIK KELAS X MATA PELAJARAN BIOLOGI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER,BAB 1.BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI RATIH DEWANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN E-PORTOFOLIO BERBASIS WEBSITE UNTUK MENINGKATKAN HABITS OF MIND PESERTA DIDIK KELAS X MATA PELAJARAN BIOLOGI Oleh: Ratih Dewanti Permasalahan yang ada di lapangan yakni belum maksimalnya penilaian portofolio yang digunakan, hal tersebut karena guru masih memakai penilaian portofolio secara tradisional yang tentunya memerlukan banyak ruang penyimpanan dan waktu yang digunakan lebih banyak dan belum mendukung dalam peningkatan habits of mind peserta didik. E-portofolio memberikan kemudahan bagi guru dalam pelaksanaan penilaian, waktu yang digunakan menjadi singkat, menghargai hasil kerja peserta didik dan mudah diakses oleh siapapun, serta bagi peserta didik yaitu memudahkan dalam pengumpulan tugas. Langkah alternatif yang dapat digunakan yaitu mengembangkan e-portofolio berbasis website meningkatkan habits of mind pada materi virus Penelitian ini adalah penelitian R&D (Research and Development) yang menggunakan model Borg and Gall. Terdapat 7 langkah pengembangan yang dilalui yakni; Research and Information Collecting, Planning, Develop Preliminary Form Of Product, Preliminary Field Testing, Main Product Revision, Main Field Testing dan Operational Product Revision. Teknik pengumpulan data yakni wawancara, angket analisis kebutuhan, angket validasi, angket tanggapan guru dan peserta didik. Kemudian, dilakukan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif yang diperoleh dari para ahli, guru dan peserta didik. Berdasarkan data yang diperoleh media pada aspek kelayakan dari ahli materi memperoleh persentase 92% dengan kriteria sangat layak, ahli media diperoleh persentase sebesar 91% dengan kriteria sangat layak, ahli bahasa diperoleh persentase sebesar 76% dengan kriteria layak. Tanggapan guru biologi pada produk e-portofolio diperoleh persentase sebesar 85,93% dan tanggapan dari 31 peserta diperoleh persentase sebesar 83% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan perolehan tersebut maka diambil kesimpulan bahwa produk e-portofolio berbasis website layak dipakai menjadi media untuk menilai dan proses belajar mengajar. Kata Kunci : E-portofolio, Habits Of Mind, Virus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jan 2022 04:03
Last Modified: 11 Jan 2022 04:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17043

Actions (login required)

View Item View Item