RENI, NUR ROHMAH (2022) PENGARUH MODEL PERUBAHAN KONSEPTUAL DENGAN PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN SELF REGULATION KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK PENGARUH MODEL PERUBAHAN KONSEPTUAL DENGAN PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN SELF REGULATION KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI Oleh RENI NUR ROHMAH Penelitian dilaksanakan di SMA N 1 Pagelaran TA 2020/2021, masalah yang terjadi di SMA N 1 Pagelaran rendahnya penguasaan konsep dan SR peserta didik, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model perubahan konseptual dengan pendekatan konflik kognitif terhadap penguasaan konsep dan SR Biologi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode Quasy Eksperimen. Menggunakan desain Posstest Only Control Design, dimana terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, kedua kelompok kelas tersebut akan diberikan posttest diakhir pembelajaran. Populasi penelitian ini peserta didik kelas X yaitu kelas X MIPA 1 dan kelas X MIPA 2 yang berjumlah 58 peserta didik, kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan s X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dengan acak kelas atau Cluster random sampling.Hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat perbedaan nilai rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terdapat perbedaan perolehan hasil analisis data,dimana kelas eksperimen diperoleh hasil nilai penguasaan konsep dengan rata-rata 71,14, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-ratanya 65,52. Sedangkan perolehan nilai angket pada kelas eksperimen rata-ratanya 73,29, pada kelas control nilai rata-rata diperoleh 65,91.Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model perubahan konseptual dengan pendekatan konflik kognitif terhadap penguasaan konsep dan self regulation kelas x pada mata pelajaran biologi. Kata kunci: Perubahan Konseptual, Pendekatan Konflik Kognitif, Penguasaan Konsep, Self Regulation
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 03:52 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 03:52 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17041 |
Actions (login required)
View Item |