PEMAHAMAN FUNGSI DAN PRINSIP BIMBINGAN DAN KONSELING MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN RADEN INTAN LAMPUNG TAHUN 2020/2021

AYUMI, KHOLIFAH (2022) PEMAHAMAN FUNGSI DAN PRINSIP BIMBINGAN DAN KONSELING MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN RADEN INTAN LAMPUNG TAHUN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul pemahaman fungsi dan prinsip bimbingan dan konseling mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitass Islam Negri Raden Intan Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman, penguasaan dan hambatan mahasiswa dalam mempelajari serta mempraktekan fungsi dan prinsip Bimbingan dan Konseling. Terdapat 4 jenis fungsi Bimbingan dan Konseling, yakni : fungsi pemahaman, fungsi pencegahan, fungsi pengentasan dan fungsi pemeliharaan dan pengembangan, sedangkan untuk prinsip Bimbingan dan Konseling pada umumnya berkenaan dengan sasaran layanan, masalah klien, tujuan dan proses penanganan masalah, program layanan dan penyelenggaraan layanan. Terdapat 5 macam prinsip Bimbingan dan Konseling, yakni : prinsip-prinsip berkenaan dengan sasaran pelayanan, prinsip-prinsip berkenaan dengan masalah individu, prinsip-prinsip yang berkenaan dengan program pelayanan, prinsip-prinsip berkenaan dengan pelaksanaan layanan, prinsip-prinsip bimbingan dan konseling disekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, design yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan design penelitian case studies dengan multiple case study. Prosedur yang digunakan dalam penelitian berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1. Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam cukup dalam pemahaman fungsi Bimbingan dan Konseling, 2. Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam cukup dalam penguasaan prinsip-prinsip Bimbingan dan Konseling, 3. Hambatan yang dirasakan oleh mahasiswa Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam dalm memahami dan menguasai fungsi dan prinsip-prinsip Bimbingan dan Konseling yaitu : 1.) terdapat mahasiswa yang sulit memahami penjelasan dari pakar ke BK an sehingga merasa tertinggal dan terhambat dalam mempelajari fungsi dan prinsip BK; 2.) terdapat mahasiswa yang sulit memaknai nya dan menerapkannya karena terkadang saat di lapangan berbeda; 3.) terdapat mahasiswa yang dalam mempelajari fungsi dan prinsip BK merasa banyak dan luas nya materi terkadang lupa; 4.) terdapat mahasiswa yang kurang faham tentang prinsip-prinsip yang berkenaan dengan program layanan. Kata kunci : Fungsi dan Prinsip – prinsip Bimbinga dan Konseling. iii ABSTRACT The title of this research is understanding the functions and principles of guidance and counseling for students of the Guidance and Counseling Study Program of Islamic Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, State Islamic University Raden Intan Lampung. This study aims to determine the understanding, mastery and barriers of students in learning and practicing the functions and principles of Guidance and Counseling. There are 4 types of Guidance and Counseling functions, namely: understanding functions, prevention functions, alleviation functions and maintenance and development functions, while the Guidance and Counseling principles generally relate to service objectives, client problems, goals and problem handling processes, service programs and implementation service. There are 5 kinds of Guidance and Counseling principles, namely: principles relating to service objectives, principles relating to individual problems, principles relating to service programs, principles relating to service implementation, principles of school counseling guidance. This study uses a qualitative research method, the design used in this study uses a case studies research design with multiple case studies. The procedure used in the research is in the form of observation, interviews and documentation. The results of this study indicate that: 1. Islamic Education Guidance and Counseling students are sufficient in understanding the functions of Guidance and Counseling, 2. Islamic Education Guidance and Counseling students are sufficient in mastering the principles of Guidance and Counseling, 3. Barriers felt by Guidance and Counseling students Islamic education in understanding and mastering the functions and principles of Guidance and Counseling, namely: 1.) there are students who find it difficult to understand the explanations from experts to BK so that they feel left behind and hampered in learning the functions and principles of BK; 2.) there are students who find it difficult to interpret and apply it because sometimes when in the field it is different; 3.) there are students who in studying the functions and principles of BK feel that the amount and breadth of the material sometimes forgets; 4.) there are students who do not understand the principles related to service programs. Keywords: Functions and Principles of Guidance and Counseling.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jan 2022 07:08
Last Modified: 10 Jan 2022 07:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17030

Actions (login required)

View Item View Item