PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR ANAK PADA MATA PELAJARAN PAI DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 1 NATAR LAMPUNG SELATAN

FITRI, HAIRANI SIREGAR (2022) PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR ANAK PADA MATA PELAJARAN PAI DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 1 NATAR LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FITRI HAIRANI S..pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR ANAK PADA MATA PELAJARAN PAI DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 1 NATAR LAMPUNG SELATAN Oleh FITRI HAIRANI SIREGAR Virus covid-19 atau sering disebut dengan corona virus merupakan sebuah virus yang dating dari Wuhan ibukota provinsi Hubei China pada tahun 2019, yang memberikan efek membahayakan bagi individu yang terserang virus ini. Pada tahun 2020 virus covid-19 ini sudah tersebar diseluruh penjuru dunia, salah satunya Indonesia. Dampak adanya virus covid-19 ini sangat berpengaruh pada kehidupan di Indonesia salah satunya pada sector pendidikan. Untuk menanggulangi angka penyebaran virus covid-19 pemerintah Indonesia melakukan kebijakan Work From Home ( WFH ) dimana seluruh kegiatan dilakukan di dalam rumah dengan sistem daring ( dalam jaringan ) atau biasa di sebut online.Pada situasi seperti ini peserta didik dituntut dapat belajar mandiri dirumah berbantuan alat komunikasi elektronik yang dapat menghubungkan peserta didik dengan guru di sekolah. Terlepas dari itu semua, peserta didik membutuhkan sosok nyata seorang guru guna membimbing peserta didik belajar di rumah saat pandemi seperti ini untuk meningkatkan minat belajarnya. Penelitian ini berawal dari kurangnya peran orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak di masa pandemi ini. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak pada mata pelajaran PAI di masa pandemi covid-19.Penelitian ini dilakukan menggunakan penelitian kualitatif deksriptif. Penulis melakukan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber diantaranya, observasi, wawancara, dan dokumentasi.Adapun sumber datanya adalah guru PAI, orang tua peserta didik, dan peserta didik. Data dianalisis dengan teknik analisis data, reduksi data ( reduction data ), penyajian data ( data display ), dan penarikan kesimpulan (verfikasi ). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran orang tua dalam menumbuhkan minat belajar anak pada mata pelajaran PAI di masa pandemi covid-19 yaitu, peran orang tua sebagai pembimbing berperan mengawasi saat belajar, mengingatkan mengerjakan tugas, menemani saat pembelajaran daring, dan membantu saat peserta didik mengalami kesulitan saat pembelajaran daring. Peran orang tua sebagai motivator yaitu, berperan mengajak untuk belajar dan mengerjakan tugas, , memberikan semangat, memberikan hadiah, dan memberikan nasihat pada saat peserta didik yang tidak bersemangat mengikuti pembelajaran daring. Peran orang tua sebagai fasilitator yaitu, orang tua menyiapkan kebutuhan alat tulis peserta didik, buku-buku dan Al-Qur’an, media elektronik, memeriksa buku tugas peserta didik, dan memerintahkan peserta didik mengulang kembali materi yang sebelumnya di berikan oleh guru PAI Kata kunci :Peran Orang Tua, Minat Belajar Anak, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jan 2022 05:18
Last Modified: 10 Jan 2022 05:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17023

Actions (login required)

View Item View Item