WIDIA, EKA WAHYU NINGSIH (2022) PENGARUH SELF EFFICACY (KEYAKINAN DIRI) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMA NEGERI 1 TUMIJAJAR KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Selain itu, diyakini ada faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar yaitu self efficacy (keyakinan diri) yang diartikan sebagai keyakinan seseorang atas kemampuan yang dimilikinya. Keyakinan tersebut mendorong seseorang untuk mencapai keberhasilan dan mampu dalam menghadapi kesulitan saat menggerjakan tugas. Namun, pentingnya self efficacy (keyakinan diri) tidak dirasakan oleh peserta didik, seperti halnya peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Tumijajar, Kabupaten Tulang Bawang Barat. Sebelum mereka mengerjakan tugas, beberapa diantaranya beranggapan bahwa peserta didik yang pandai belum tentu selalu mendapatkan nilai bagus. Padahal tingginya hasil belajar tidak hanya dipengaruhi oleh tingkat kepandaian seseorang, melainkan dipengaruhi oleh faktor lain, dimana jika faktor tersebut menghambat peserta didik, maka berpengaruh pada hasil belajar. Berdasarkan latar belakang, permasalahan pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara self efficacy (keyakinan diri) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMA Negeri 1 Tumijajar, Kabupaten Tulang Bawang Barat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara self efficacy (keyakinan diri) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMA Negeri 1 Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X di SMA Negeri 1 Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat. Sampel penelitian sebanyak 67 peserta didik, yang ditentukan dengan tehnik nonprobability tipe sensus atau sampling total. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Uji prasayarat analisis menunjukan bahwa data berdsitrubusi normal, tehnik hipotesis menggunakan Uji- t satu atau one sample t-test. Hasil penelitian menunjukan thitung sebesar 12.158, Ttabel diperoleh dengan df 66, sig 5% (1 tailed) = 1.670. Karena thitung > Ttabel (12.158 > 1.670)kesimpulannya Ho ditolak dan Ha diterima atau self efficacy (keyakinan diri) berpengaruh signifikan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X di SMA Negeri 1 Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat. Kata kunci : Self Efficacy (Keyakinan diri), Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 04:53 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 04:53 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17020 |
Actions (login required)
View Item |