PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PPT INTERAKTIF 2010 MATERI BAHASA INDONESIA KELAS V SD/MI

HELMA, FATMALA DEWI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PPT INTERAKTIF 2010 MATERI BAHASA INDONESIA KELAS V SD/MI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL HELMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berawal dari kurangnya variasi media pembelajaran dalam kegiatan belajar-mengajar sehingga perlu dikembangkan sebuah produk berupa PPT Interaktif 2010 sebagai media pembelajaran. Rumusan msalah yang terdapat dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah pengembangan media pembelajaran berbasis PPT interaktif 2010 untuk materi Bahasa Indonesia. (2) Bagaimanakah kelayakan media pembelajaran untuk materi Bahasa Indonesia berbasis PPT Interaktif 2010. (3) Bagaimana tanggapan pendidik dan peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis PPT Interaktif 2010. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengembangan media pembelajaran berbasis PPT Interaktif 2010untuk materi Bahasa Indonesia peserta didik kelas V, untuk mengetahui bagaimanakah kelayakan media pembelajaran untuk materi Bahasa Indonesia berbasis PPT Interaktif 2010, untuk mengetahui tanggapan pendidik dan peserta didik terhadap[ media pembelajaran berbasis PPT Interaktif 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Reseacrh and Development dengan model ADDIE yang meliputi 5 langkah yaitu analisis, design, development, implementasi, evaluasi. Uji kelayakan produk dilakukan oleh beberapa validator yaitu 2 ahli media, 2 ahli materi, 3 pendidik kelas V dan uji coba lapangan pada peserta didik kelas V SD/MI. Hasil penelitian menunjukan bahwa PPT Interaktif 2010 memperoleh nilai rata-rata presentase ahli materi sebesar 83% dengan kategori “Sangat Layak”, ahli media memperoleh nilai rata-rata sebesar 80% dengan kategori “Layak”, penelitian pendidik memperoleh nilai rata-rata sebesar 89% dengan kategori “Sangat Layak”, respon peserta didik uji coba skala kecil mendapatkan nilai rata-rata sebesar 90% dengan kategori “Sangat Layak” dan respon peserta didik uji coba skala besar mendapatkan nilai rata-rata sebesar 90% dengan kategori “Sangat Layak” ini menunjukan bahwa PPT Interaktif 2010 yang telah peneliti kembangkan “Sangat Layak” digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, PPT Interaktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:37
Last Modified: 10 Jan 2022 04:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17018

Actions (login required)

View Item View Item