PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL ANAK USIA DINI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK DI RAUDATHUL ATHFAL NUR EL IHSAN KATIBUNG LAMPUNG SELATAN

Hertina, Alpionita (2022) PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL ANAK USIA DINI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK DI RAUDATHUL ATHFAL NUR EL IHSAN KATIBUNG LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL ANAK USIA DINI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK DI RAUDATHUL ATHFAL NUR EL IHSAN KATIBUNG LAMPUNG SELATAN OLEH: Hertina Alpionita Media audio visual merupakan perantara yang dapat menyampaikan pesan kepada peserta didik melalui proses dilihat dan didengar, yang mana dalam dalam hal ini media audio visual terdiri dari suara dan gambar, sehingga dapat membuat anak lebih aktif dalam belajar. Perkembangan bahasa anak di RA Nur El Ihsan Katibung Lampung Selatan masih tergolong rendah hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya peserta didik kurang aktif dalam proses belajar mengajar berlangsung, kurangnya semangat dalam mengikuti kegiatan pengembangan terutama dalam pemgembangan bahasa anak. Kegiatan belajar yang dilakukan oleh guru sangatlah monoton hal ini dapat dilihat cara guru melaksanakan pembelajaran hanya dengan menggunakan buku paket. Media audio visual anak usia dini adalah salah satu yang dapat dgunakan guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang difokuskan pada satu kelas. Alat pengumpulan data terdri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam rangka rangkaian langkah dengan beberapa siklus, dimana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada siklus I dan siklus II maka dapat penulis simpulkan bahwa penerapan media audio visual dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak di RA Nur El Ihsan Katibung Lampung Selatan. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan kemampuan bahasa anak yang berkembang Sangat Baik (SB) pada siklus I pertemuan mencapai 52% pada siklus II mencapai 80%. Kata kunci: Media audio visual, perkembangan bahasa anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jan 2022 04:22
Last Modified: 10 Jan 2022 04:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17016

Actions (login required)

View Item View Item