UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI DAMPAK NEGATIF PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2020/2021

CHANDRA, ROBI JULIAN (2022) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI DAMPAK NEGATIF PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI DAMPAK NEGATIF PEMBELAJARAN DARING DI ERA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2020/2021 ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang mengalami dampak negatif pembelajaran daring di era pandemi COVID-19, yakni bagaimana pelaksanaan dan penerapan guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi dampak negatif pembelajaran daring di era pandemi COVID-19 di SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Adanya peserta didik yang mengalami dampak negatif saat pembelajaran daring sehingga membuat peserta didik tidak fokus dalam belajar seperti terlambat saat mengumpulkan tugas, mengalami kejeunuhan saat belajar, prestasinya semakin menurun, kurang memahami materi pelajaran, dan merasa tidak nyaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi dampak negatif pembelajaran daring pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah deskriprif kualitatif naratif dengan pendekatan fenomenologis. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Sampel pada penelitian ini 7 peserta didik dengan populasi yaitu 30 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diketahui dampak negatif pembelajaran daring di era pandemi COVID-19 membuat kegiatan belajar mengajar yang tidak sama efektifnya dengan pembelajaran tatap muka, peserta didik yang kurang fokus dalam memahami pelajaran seperti tatap muka, tugas yang menumpuk, serta sistem pembelajaran daring tidak bisa memastikan pelajar yang hadir di dalam kelas seperti kelas tatap muka. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring di era pandemi COVID-19 berdampak negatif terhadap peserta didik di SMP Negeri 19 Bandar Lampung kemudian upaya dari guru BK SMP Negeri 19 Bandar Lampung yaitu dengan memberikan layanan bimbingan belajar yang bertujuan memberikan pengetahuan terhadap peserta didik meski berada dirumah. Kata Kunci : Upaya Guru BK , Dampak Negatif Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:38
Last Modified: 10 Jan 2022 03:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17010

Actions (login required)

View Item View Item