PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NUSANTARA BANDAR LAMPUNG

DIAS, AFRIZA RIYANDA TUBARAD (2022) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NUSANTARA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian Pengaruh pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik self management dalam meningkatkan kedisiplinan belajar pada peserta didik kelas VIII SMP Nusantara Bandar Lampung ini dilatar belakangi oleh sering timbulnya permasalahan kedisiplinan belajar pada peserta didik. Maka dari itu peneliti ingin mengamati Pengaruh pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik self management dalam meningkatkan kedisiplinan belajar pada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik self management dalam meningkatkan kedisiplinan belajar pada peserta didik kelas VIII SMP Nusantara Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara dan observasi. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperiment design one group pretest-posttest design. Dalam penelitian ini berfokus pada Pengaruh pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik self management dalam meninggkatkan kedisiplinan belajar pada peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII yang berjumlah 8 peserta didik yang memiliki permasalahan kedisiplinan belajar. Dengan teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan tehnik self management dalam meningkatan kedisiplinan belajar pada peserta didik kelas VIII SMP Nusantara Bandar Lampung berpengaruh dan mengalami perubahan ke arah yang lebih baik pada peserta didik. Hal ini telah dibuktikan dengan hasil pretest dan posttest yang telah dikalukan sebelum dan setelah pemberian layanan berdasarkan analisis data menggunakan Uji Wilcoxon. Dan hasil pretest menggunakan instrument berupa angket, peserta didik mendapatkan skor sebesar 532 dengan skor rata-rata sebesar 66,5. Kemudian setelah mendapatkan layanan konseling kelompok menggunakan teknik management, peserta didik diberikan posttest menggunakan insrument yang sama yaitu berupa angket dan mendapatkan skor sebesar 932 dengan skor rata-rata 116 Dan juga dapat diketahui bahwa nilai z hitung lebih besar dari z tabel. z hitung yaitu sebesar 2,527 > 0,2190 dan juga diperoleh nilai signifikan 0,012 dimana nilai tersebut lebih kecil dari rtabel signifikasi 0.05 maka Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok menggunakan teknik self management berpengaruh positif terhadap kedisiplinan belajar pada peserta didik. Kata Kunci: Self Management, Konseling Kelompok,Kedisiplinan belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:10
Last Modified: 10 Jan 2022 03:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17004

Actions (login required)

View Item View Item