PENGARUH PENGETAHUAN MASYARAKAT ATAS BUNGA, BAGI HASIL DAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PEMBIAYAAN BTPN SYARIAH (Studi Pada Perempuan yang Menjadi Pelaku UMKM di Desa Sukapura Kecamatan Sumberjaya Lampung Barat)

GITA, SILVIA (2022) PENGARUH PENGETAHUAN MASYARAKAT ATAS BUNGA, BAGI HASIL DAN PRODUK PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PEMBIAYAAN BTPN SYARIAH (Studi Pada Perempuan yang Menjadi Pelaku UMKM di Desa Sukapura Kecamatan Sumberjaya Lampung Barat). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi GITA SILVIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pertumbuhan perbankan syariah di Indonesia yang pesat menjadikan bank syariah sebagai salah satu solusi dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan perekonomian masyarakat yang disebabkan oleh salah satu keunggulannya yaitu terhindar dari bunga. Perbankan syariah menawarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, salah satunya adalah pembiayaan. Pembiayaan merupakan alternatif masyarakat yang kekurangan modal untuk menjalankan usaha dengan melakukan pinjaman di bank syariah agar terhindar dari unsur riba. Namun masih banyak masyarakat yang kurang mengetahui akan haramnya bunga bank, sistem bagi hasil dan produk yang ada di perbankan syariah menjadikan bank konvensional tetap menjadi dominasi minat masyarakat. Pada penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengetahuan masyarakat atas bunga bank, bagi hasil dan produk perbankan syariah terhadap minat menggunakan pembiayaan di BTPN Syariah. Penelitian dilakukan dengan menggunakan data kuantitatif dengan menyebarkan angket kepada responden yaiitu perempuan pelaku UMKM di Desa Sukapura yang menggunakan pembiayaan di BTPN Syariah sebanyak 76 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial pengetahuan atas bunga, bagi hasil dan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan pembiayaan. Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi pengetahuan masyarakat atas bunga, bagi hasil dan produk perbankan syariah, maka akan semakin tinggi juga minat untuk menggunakan pembiayaan. Kata kunci : Pengetahuan, Bunga Bank, Bagi Hasil, Produk Perbankan Syariah, Minat, Pembiayaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:05
Last Modified: 10 Jan 2022 03:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/17003

Actions (login required)

View Item View Item