ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI SALDO PAYMENT PROSECCOR VIRTUAL (Studi kasus Pada Alfin Digital Indonesia di Desa Riau Periangan, Kecamatan Pubian, Kabupaten Lampung Tengah)

RIYANDI, FADILAH PUTRA (2022) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI SALDO PAYMENT PROSECCOR VIRTUAL (Studi kasus Pada Alfin Digital Indonesia di Desa Riau Periangan, Kecamatan Pubian, Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Paypal adalah alat untuk bertransaksi online untuk memudahkan pembayaran online dengan sistem pertukaran kurs dalam transaksinya. Dalam menggunakan layanan dari paypal, pengguna harus memiliki saldo paypal yang dapat di beli pada merchant atau toko online yang menjual saldo paypal dimana dalam transaksi harus menukarkan kurs dollar dengan rupiah. Pertukaran mata uang tersebutlah yang menjadi titik persoalan dimana dalam praktiknya sering terjadi naik turun nilai kurs yang berlaku bahkan dalam waktu yang tidak lama sehingga menimbulkan gharar. Selain itu pembeli seringkali tidak menyelesaikan transaksi ditempat yakni meninggalkan tempat transaksi setelah membayarkan sejumlah uang, hal ini tidak sesuai dengan aturan jual beli mata uang (Al-Sharf). Rumusan masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktek jual beli saldo paypal pada Alfin Digital Indonesia. Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap jual beli saldo paypal pada Alfin Digital Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui praktek jual beli saldo paypal pada Alfin Digital Indonesia dan analisis hukum Islam terhadap praktek jual beli saldo paypal pada Alfin Digital Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Field Reasearch artinya penelitian yang bertujuan mengumpulkan data dari lokasi atau lapangan. Penelitian ini juga menggunakan metode pengumpulan data, observasi, wawancara dan studi pustaka. Sifat penelitian ini adalah deskriptif analitik sehingga tertuju pada pemecahan masalah dengan fakta-fakta yang ada pada praktek jual beli saldo Paypal pada Alfin Digital Indonesia. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, Alfin Digital Indonesia sebagai penjual saldo paypal yang membeli rate paypal kepada reseller saldo paypal untuk disalurkan kepada konsumen masyarakat umum, konsumen kemudian membeli saldo yakni dengan memberikan e-mail akun paypal yang akan diisi kemudian kesepakatan jual beli terjadi diwaktu dan tempat yang sama secara bersamaan. Dan harga saldo paypal mengikuti naik turunnya kurs dollar Amerika terhadap rupiah sehingga sewaktu-waktu dapat berubah kapanpun. Jual beli saldo paypal diperbolehkan dalam Islam karena sesuai dengan ketentuan�ketentuan jual beli dalam Islam diantaranya adalah rukun dan syarat jual beli serta dilakukan sesuai dengan ketentuan jual beli Al-sharf.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:48
Last Modified: 10 Jan 2022 02:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16999

Actions (login required)

View Item View Item