PENGEMBANGAN E-PUZZLE BERBASIS CREATIVE THINKING MATA PELAJARANIPA DI TINGKAT SEKOLAH DASAR

Tiyana, Tamzil (2022) PENGEMBANGAN E-PUZZLE BERBASIS CREATIVE THINKING MATA PELAJARANIPA DI TINGKAT SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Tiyana.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN E-PUZZLE BERBASIS CREATIVE THINKING MATA PELAJARAN IPA DITINGKAT SEKOLAH DASAR Penggunaan media e-puzzle berbasis creative thinking sebagai media elektronik yang diharapkan bisa mengasah otak anak untuk melakukan sesuatu yang bersifat kreatif yaitu menyatukan kembali kepingan-kepingan puzzle agar menjadi utuh kembali dengan menggunakan media elektronik (HP/Komputer. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan e-puzzle berbasis creative thinking mata pelajarn ipa ditingkat sekolah dasar, (2) mengetahui kelayakan e-puzzle berbasis creative thinking. (3) mengetahui respon peserta didik terhadap media e-puzzle berbasis creative thinking. Metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian Research and Development (RnD) yang diadaptasi dari model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Pada penelitian ini menggunakan tujuh langkah yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) validasi desain, 5) Revisi produk, 6) uji coba produk, 7) revisi desain. Alat pengumpulan yang digunakan yaitu angket ahli materi, angket ahli media, anget ahli bahasa dan angket tanggapan pendidik untuk mengetahui kelayakan produk, serta angket tanggapan peserta didik untuk mengetahui kemenarikan produk. Subyek penelitian ini adalah peserta didik SDN 1 Labuhan Ratu Bandar Lampung dan MI AL-Khairiyah Bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian yang dikembangkan berdasarkan hasil dari validasi ahli materi mendapatkan persentase rata-rata 88% dengan kriteria sangat layak, hasil dari validasi ahli media mendapatkan persentase rata-rata 86,7% dengan kriteria sangat layak, hasil validasi ahli bahasa mendapatkan persentase rata-rata 78,5% dengan kriteria layak. Pada uji coba kelompok kecil mendapatkan rata-rata hasil 87 % dengan kriteria sangat menarik, pada ujicoba kelompok besar mendapatkan rata-rata hasil 88% dengan kriteria sangat menarik. KATA KUNCI: E-puzzle, Creative Thinking, Mata Pelajaran IPA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jan 2022 04:01
Last Modified: 07 Jan 2022 04:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16994

Actions (login required)

View Item View Item